Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS BERI EDUKASI POLITIK LEWAT FORUM BERBASIS WARGA

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi pendidikan politik Pemilu 2019 kepada warga melalui Forum Warga Berbasis Keluarga. Kegiatan diadakan di tiga tempat berbeda pada hari Minggu (25/11).

Khasis Munandar menyampaikan materi di Balai Desa Nusamangir, Kemranjen. Yasum Surya Mentari menyampaikan materi di Sidamulih, Rawalo dan Hanan Wiyoko di Adisana, Kebasen. Ketiga anggota KPU Kabupaten Banyumas tersebut menyampaikan perihal Pemilu tahun 2019.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi mengatakan, sosialisasi ini dikemas dalam forum warga berbasis keluarga. Menurutnya, hal ini agar warga mengetahui informasi penting kepemiluan 2019. Di antara informasi penting itu adalah tentang peserta dan tahapan Pemilu 2019 serta tata cara penyoblosan yang benar.

Khasis Munandar, anggota KPU yang membidangi divisi Mutarlih menyampaikan, setiap elemen masyarakat harus peka terhadap isu dan informasi politik Kepemiluan yang berkembang. Pemilu yang akan digelar dalam beberapa bulan lagi, lanjutnya, harus disambut dengan gembira dan penuh rasa keingintahuan. Dengan itu, masyarakat bisa mengenal peserta-peserta yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2019.

“Pada Pemilu besok kita akan menyoblos lima surat suara,” terang Khasis kepada peserta.

Lima surat suara itu, tambah Khasis, terdiri dari surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPD RI, calon anggota DPR RI, calong anggota DPRD Provinsi serta calon anggota DPRD Kabupaten/kota.

Menyikapi banyaknya peserta pada Pemilu 2019 ini, ia menghimbau kepada peserta agar mengenali setiap peserta Pemilu sejak jauh-jauh hari dari hari pemungutan. Hal itu ditujukan agar pemilih merasa mantap dengan pilihannya.

“Dalam memilih itu baiknya juga didasarkan pada visi, misi dan program calonnya,” tambahnya.

Pengenalan peserta Pemilu 2019 oleh Khasis juga dilengkapi dengan materi kriteria coblosan pada surat suara yang sah.

Terkait sosialisasi Pemilu 2019, KPU Kabupaten Banyumas rencananya juga akan mengadakan sosialisasi bertajuk kursus kepemiluan pada tanggal 27 dan 29 November 2018. [jk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!