Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas dan Pemkab Gelar Rapat Dana Cadangan Persiapan Pilkada

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menggelar rapat dana cadangan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyumas Tahun 2023/2024. Rapat diadakan di ruang Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Banyumas, Rabu (14/10/2020) pagi.

Rapat tersebut dipimpin Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Setda Banyumas, Joko Setiono. Selain dihadiri oleh KPU Banyumas, peserta lain lainnya adalah Bagian Hukum, Bapeddalitbang, Inspektorat, BKAD, dan Bakesbangpol. Dari KPU hadir lengkap ketua dan anggota, sekretaris, dan para kasubbag.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif S mengatakan, rapat tersebut merupakan koordinasi awal dengan Pemkab Banyumas. Sebelumnya, KPU Banyumas telah dua kali menggelar rapat internal pembahasan anggaran penyelenggaraan pilkada. Saat ini KPU Banyumas sudah menghitung RAB penyelenggaraan pilkada dan siap diajukan ke pemkab.

“Ini menindaklanjuti instruksi KPU RI dan KPU provinsi agar KPU kabupaten/kota yang akhir masa jabatan (AMJ) bupati/wabup dan walikota/wakil walikota pada 2022 dan 2023 untuk mempersiapkan anggaran pilkada,” kata Imam.

Ia menambahkan, sesuai regulasi saat ini pengaturan penggelaran pilkada serentak diadakan tiga gelombang yakni Pilkada 2015 (Gelombang I), Pilkada 2017 (Gelombang II), dan Pilkada 2018 (Gelombang III). Adapun Pilkada 2020 merupakan pilkada serentak terakhir sebelum digelar Pilkada Serentak Nasional pada 2024. Namun, dalam draft RUU Pemilu yang saat ini dibahas di DPR RI muncul usulan mengembalikan pilkada sesuai akhir masa jabatan (AMJ). Sebagai bentuk persiapan, bagi KPU kabupaten/kota yang AMJ pada 2022 dan 2023 diminta segera mengajukan RAB untuk masuk dana cadangan dalam APBD.

“Apakah Pilkada Banyumas akan di tahun 2024 atau 2023 nanti kita tunggu perkembangan RUU Pemilu. Yang jelas, saat ini posisinya adalah bersiap, dimulai dari menyusun anggaran pilkada.” kata Imam.

Dalam rapat tersebut, Ketua KPU Banyumas mempresentasikan beberapa poin penting yang menjadi asumsi penghitungan RAB Pilkada 2023/2024. Selanjutnya, KPU Banyumas akan mengirimkan surat pengajuan RAB dan menunggu pembahasan dana cadangan. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!