Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS FASILITASI RATUSAN PENGHUNI LAPAS PINDAH MEMILIH

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas siap memfasilitasi pindah memilih bagi penghuni Lapas Purwokerto. Hal itu dinyatakan oleh Khasis Munandar, anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi pemutakhiran data pemilih pada Senin (8/4) pagi dalam kegiatan Pendidikan pemilih bagi penghuni Lapas. Kesiapan itu ditandai juga dengan sudah dicetaknya sekitar 500 lembar formulir A5 yang disiapkan untuk penghuni Lapas dan Rutan di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Sesuai putusan MK beberapa hari yang lalu, petugas  yang ditugaskan bekerja pada hari Rabu 17 April 2019 serta warga binaan pemasyarakatan boleh pindah memilih,” ujar Khasis di hadapan peserta kegiatan yang meliputi petugas dan warga binaan Lapas.

Khasis menambahkan, KPU Kabupaten Banyumas sudah berkoordinasi dengan Lapas Purwokerto terkait perkiraan jumlah warga binaan dan petugas Lapas yang akan menggunakan hak pilih di Lapas. Katanya, terdapat hampir seribu warga binaan di Lapas. Namun banyak dari mereka yang tidak bisa mengurus A5 karena terkendala NIK yang tidak diketahui oleh Lapas.

Sementara pada kategori pemilih pindahan dari petugas Lapas, Bambang selaku Kepala Lapas Purwokerto mengatakan akan segera menyiapkan daftar nama petugasnya. Katanya, daftar itu akan siap sebelum tanggal 10 April 2019.

Sementara Agung, dalam materi sosialisasinya ia menyampaikan tentang peserta Pemilu Tahun 2019. Melalui spesimen surat suara yang ditunjukan, Agung memperkenalkan setiap peserta sekaligus cara mencoblos surat suara yang benar.

Perlu diketahui, kesempatan pindah memilih pasca putusan MK ini diperuntukan hanya untuk empat kategori saja. Yaitu karena terkena bencana alam, pasien yang dirawat di rumah sakit beserta keluarga yang menunggunya, menjadi tahanan Lapas/Rutan serta orang yang sedang menjalankan tugas (dibuktikan dengan surat tugas). Masa mengurusnya dibatasi hingga Rabu 10 April 2019. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!