Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS GELAR PELATIHAN OPTIMALISASI WEBSITE

KPU Banyumas ikuti pelatihan pengoperasian website di Aula KPU Banyumas, Kamis (27/02/2020)

PURWOKERTO – Guna mengoptimalkan fungsi website, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan pengoperasian website, Kamis (27/02/2020). Kegiatan diikuti oleh Komisioner dan seluruh pegawai. Acara terselenggara bekerjasama dengan Puskomedia Indonesia Kreatif sebagai pembicara.

Plt Sekretaris KPU Banyumas, Kasworo mengatakan, kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengoperasian website KPU Banyumas yang dilakukan oleh admin. Diharapkan, setelah pelatihan para pegawai di masing-masing sub bagian bisa membuat tulisan berita. Sumber dana kegiatan berasal dari revisi petunjuk operasional kegiatan (POK).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi mengapresiasi berlangsungnya acara. Menurut dia, kegiatan memiliki arti positif untuk membentuk citra positif dan selaras dengan program KPU RI terkait digitalisasi data dan rumah pintar pemilu.

“Kegiatan ini juga berfungsi mengasah kepekaan pegawai untuk melek literasi digital. Dengan demikian diharapkan bisa mengetahui bagaimana secara teknis narasi berita disusun dan diupload. Serta menanamkan tidak mudah percaya berita hoaks,” kata Imam.

Acara pelatihan dilakukan dengan praktik langsung menulis berita melalui Android. Sehingga diharapkan, bisa membuat tulisan real time (langsung) saat kegiatan berlangsung. Sebelum pelatihan dimulai, masing-masing pegawai diminta mengunduh aplikasi WordPress mobile di masing-masing gadget. Setelah itu disimulasikan untuk membuat naskah berita pelatihan.

Pembicara pelatihan, Akbar Bahaulloh Direktur Puskomedia Indonesia mengatakan, pemberitaan yang dilakukan oleh KPU diharapkan bisa melawan adanya hoaks demokrasi yang marak terjadi. Ia berharap, dengan kemampuan membuat konten berita menjadikan bertambahnya informasi yang valid tentang kepemiluan.

“Saya amati traffic website KPU Banyumas cukup tinggi,” kata pria yang akrab disapa Baha ini.

Ia menambahkan, dalam satu tahun terakhir, website KPU Banyumas telah dibaca lebih dari 5 juta kali. Hal ini kata dia menunjukkan, website KPU dapat menjadi penyeimbang dari informasi-informasi yang beredar. Berita informasian kepemiluan dari KPU Banyumas bisa diakses di kab-banyumas.kpu.go.id. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!