Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Gelar Pelatihan Penulisan Berita Bagi Mahasiswa Magang

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Demi mewujudkan generasi muda sebagai agent of change, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Berita bagi 13 mahasiswa magang dari 4 universitas yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Aula Kantor KPU Kabupaten Banyumas dengan narasumber Hanan Wiyoko, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Banyumas pada Rabu (27/01/2021).

Baca juga : KPU Banyumas Adakan Pelatihan Menulis Berita Bersama 13 Mahasiswa Magang

Pelatihan berita dibuka dengan penampilan video kegiatan KPU Banyumas Goes To Campus. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 – 11.00 WIB. Materi yang dipaparkan berupa News Value, cara menulis, dan Praktek. Beberapa mahasiswa magang yang tergabung dalam acara tersebut turut berpartisipasi aktif dengan memberikan jawaban akan pengetahuannya mengenai topik penulisan berita. Mahasiswa magang juga diberikan tugas untuk menuliskan berita acara dan testimoni akhir magang. Selain itu, acara Pelatihan Penulisan Berita disiarkan secara langsung melalui media sosial KPU Banyumas seperti Live Streaming Youtube dan Instagram Stories.

Baca juga : Tidak Melulu Soal Pemilu, KPU Banyumas Juga Ajari Pelatihan Jurnalistik

Adapun pelatihan ini juga disebabkan semakin banyaknya hoax yang berkembang. Hanan Wiyoko mengatakan bahwa internet dapat mendorong perubahan perilaku termasuk dalam penyaringan berita. Kebanyakan orang tidak menyaring berita secara keseluruhan, akibatnya berita yang diterima tidak jelas kebenarannya. Sehingga, hal ini menuntut mahasiswa harus bisa membuat berita sesuai fakta.

Baca juga : Mahasiswa Magang Di KPU Banyumas Mengikuti Pelatihan Penulisan Berita Dan Reportase

Harapan dari program ini dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa magang dalam bidang jurnalistik terutama dalam penulisan berita. Hanan Wiyoko juga berharap dari hasil pelatihan ini, mahasiswa magang dapat mempublikasikan karyanya di media online. (mf_spm)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!