Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Goes To Campus Politeknik Kesehatan Semarang Baturraden

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Goes To Campus Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Polkesmar) Kampus VII Jurusan Kesehatan Lingkungan yang beralamat di Jl. Raya Baturraden KM. 12 Purwokerto, Selasa (03/11/2020).

Kampus pencetak tenaga kesehatan ini menjadi salah satu tujuan KPU Banyumas dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih. “Karena wawasan mengenai demokrasi dan kepemiluan juga harus dimiliki para calon tenaga kesehatan, terlebih sebagai pemilih pemula,” kata Yasum Surya Mentari, Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Dalam paparannya, lulusan FISIP Unsoed yang akrab disapa Surya ini menyampaikan bahwa keterlibatan mahasiswa sebagai generasi intelektual sangat diperlukan dalam upaya merawat demokrasi. “Mahasiswa memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas dalam proses pemilihan, antara lain dengan mencari dan mencermati profil kepala daerah atau wakil rakyat yang akan dipilih sehingga nantinya akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas,” ujar Surya.

Kegiatan pun bergayung sambut, terlihat dari jumlah mahasiswa yang mengikuti secara daring mencapai 180 orang dan belasan pegawai pengelola jurusan yang mengikuti secara tatap muka terbatas. “KPU Goes To Campus ini menjadi momen penting bagi mahasiswa sebagai generasi yang akan membawa tongkat estafet kepemimpinan dinegara ini untuk meng-update status pengetahuan tentang kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara,” sambut Sekretaris Jurusan Kesehatan Lingkungan, Teguh Widiyanto.

Lanjut dalam pemaparan materi, Teguh juga mengingatkan bahwa negara Indonesia telah sepakat dengan demokrasi pancasila maka yang penting yaitu bagaimana memilih pemimpin yang cerdas dan berkualitas sehingga dapat mewujudkan nilai nilai pancasila tersebut.

Dipandu oleh moderator, Khasis Munandar, Anggota KPU Banyumas Divisi Perencanaan Data dan Informasi, kegiatan ini juga diwarnai dengan diskusi yang hangat terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19. (sac/sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!