Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS IKUT RAPAT PERSIAPAN KAJIAN PEMEKARAN KABUPATEN

PURWOKERTO – Dua orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Hanan Wiyoko dan Yasum Surya Mentari ikut rapat kajian kesiapan pemekaran wilayah Kabupaten Banyumas, Senin (9/3) siang. Dalam rapat tersebut, KPU menyerahkan data-data kepemiluan yang diminta oleh tim kajian dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Rapat mempersiapkan kajian untuk memekarkan Kabupaten Banyumas menjadi satu kota dan dua kabupaten, yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Banyumas Barat.

“Kami menyerahkan data partisipasi pemilih di Kabupaten Banyumas dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Juga kami tadi serahkan printout ketentuan Pasal 191 UU No. 7 Tahun 2019 tentang jumlah kursi dan Dapil DPRD Kabupaten/Kota,” kata Hanan Wiyoko, mewakili Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi yang berhalangan hadir.

Rapat kesiapan kajian dihadiri oleh Tim Kajian Unsoed yang dipimpin oleh Begananda serta lintas OPD yakni KPU, Polresta, BPS, PDAM, Dinas Perkim, Dindukcapil, BPBD, Kesbangpol, Dinkes, Dindik, dan BKSDM. Rapat diadakan di ruang asisten pemerintahan dan kesra Setda Banyumas dengan dipimpin oleh Djoko Setyono, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Banyumas.

Pada rapat kesiapan tersebut, Hanan menyampaikan saat ini pihaknya tidak membuat simulasi jumlah kursi dalam daerah otonom baru (DOB). Karena saat ini belum dipastikan wilayah yang akan bergabung dalam kabupaten/kota hasil pemekaran.

“Dalam Pasal 191 UU Pemilu sudah jelas disebutkan tentang banyaknya jumlah kursi di DPRD kab/kota. Bila tadi disebutkan satu daerah otonom baru minimal jumlah penduduknya lebih dari 500 ribu jiwa, maka jumlah kursi DPRD kab/kota hasil pemekaran sebanyak 45 kursi,” kata Hanan.

Menanggapi hal tersebut, Joko membenarkan bahwa saat ini dalam rapat kajian belum menentukan pembagian wilayah. Joko dan Tim Kajian Unsoed mengucapkan terima kasih kepada KPU Banyumas yang telah menyerahkan data sesuai permintaan tim kajian.

Tambahan informasi, usulan pemekaran Kabupaten Banyumas menjadi tiga DOB merupakan wacana kesepakatan antara Esekutif dan Legislatif. Tindaklanjutnya kemudian dilakukan kajian wilayah pemekaran. Rapat kemarin merupakan bagian dari upaya tim peneliti untuk menghimpun data kajian pemekaran. Masing-masing peserta rapat diberi kesempatan untuk menyerahkan dan menjelaskan terkait permintaan data yang diminta tim peneliti. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!