Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Ikuti Rakor Parmas dan Pengelolaan PPID

Purwodadi, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah serius berbenah meningkatkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Salah satunya dengan memperbaiki struktur, standar pelayanan dan daftar informasi yang dikuasai. Perbaikan pelayanan informasi publik mutlak dilakukan agar kepercayaan masyarakat kepada KPU meningkat.
Untuk itu, dua orang anggota KPU Kabupaten Banyumas,Yasum Surya Mentari (Divisi Parmas dan SDM) dan Khasis Munandar (Divisi Perencanaan dan Data), mengikuti Rapat Koordinasi Partisipasi Masyarakat dan Pengelolaan PPID, Senin-Selasa (9-10/11/2020), di Hotel Kyriad Grand Master, Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini diikuti oleh 35 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah..

Paulus Widiyantoro, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah divisi Data dan Perencanaan yang menjadi salah satu penyampai materi menyatakan pentingnya seluruh satuan kerja KPU di Jawa Tengah untuk melayani masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat, mudah dan wajar. Jangan lagi, sambungnya, masyarakat dipersulit untuk memperoleh informasi mengingat saat ini eranya keterbukaan.
“Jangan sampai kita mempersulit publik dalam memperoleh informasi. Jangan seperti dulu, kalau mau minta informasi harus ada surat rekomendasi dari aparat,” ujar Paulus, membandingkan pengalamannya saat melakukan penelitian skripsi saat ia menjadi mahasiswa dulu.
Paulus berpesan kepada peserta yang hadir untuk berbenah memperbaiki pelayanan informasi. Menurutnya, langkah pertama adalah setiap satuan kerja perlu untuk memperbaiki dulu strukutur PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), lalu pastikan SOP (standar operasional prosedur) dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, dibahas pula evaluasi kegiatan partisipasi masyarakat, baik di satuan kerja yang sedang menyelenggarakan tahapan Pemilihan Serentak maupun tidak. Diana Ariyanti, selaku penanggung Jawab Divisi Parmas KPU Provinsi Jawa Tengah, menyoroti tampilan website dan aktifitas media sosial beberapa KPU Kabupaten/Kota yang tidak terlalu aktif. Ia mengajak semua untuk memperbaiki ‘etalase’ lembaga di dunia maya itu.

Dukungan Sekretariat
Pada kesempatan yang sama, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bagian Hukum dan Teknis Pemilu (Kabag HTH), Dewantoputra Adhipermana, menyampaikan sekretariat KPU Kabupaten/Kota berkomitmen untuk meyediakan 3M (man, money, material), yakni sumber daya manusia yang andal dalam pelayanan informasi, anggaran yang dibutuhkan dan bahan informasi yang telah diolah dan disajikan melalui PPID di masing-masing satuan kerja.

“Sekretariat fokus pada fasilitasi 3M man, money, material, baik untuk kegiatan pelayanan informasi maupun kegiatan partisipasi masyarakat. Kebijakan menjadi domain komisioner,” terang Dewa, sapaan akrab Kabag yang baru dilantik September 2020 lalu dihadapan peserta Rakor.
Rakor secara resmi ditutup oleh Paulus yang mewakili Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!