Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS ISI SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH DI SATELIT TV

PURWOKERTO – Makin dekat dengan pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang, kegiatan sosialiasi terus dilaksanakan KPU Banyumas. Di antaranya menjadi narasumber dalam acara ‘Panggung Politik’ di talkshow Satelit TV, Selasa (29/11) malam.

Acara tersebut dipandu oleh host, Damar Nurani. Sedangkan narasumber dari KPU Banyumas dan Bawaslu Kabupaten Banyumas. Dari KPU Banyumas sebagai narasumber adalah Hanan Wiyoko dan dari Bawaslukab Banyumas adalah Saleh Darmawan. Acara tersebut merupakan siaran langsung (live) dari pukul 20.00-21.00 wib.

Hanan Wiyoko, anggota KPU Banyumas menyampaikan bahwa menjelang hari H persiapan KPU Banyumas makin matin. Tahapan yang dilakukan antara lain, penambahan jumlah anggota PPK dari tiga menjadi lima orang, rekrutmen 55 Relawan Demokrasi (Relasi) untuk sosialisasi menjangkau 11 basis, serta kesiapan logistik pemilu. Selain itu, Hanan menyampaikan dari KPU turut mensosialiasikan menjadi pemilih cerdas dan menolak praktik politik uang (money politics).

“Praktik politik uang merusak kualitas demokrasi dan menjadi bibit korupsi. Kami mengimbau agar menjadi pemilih cerdas dengan cara mengenali visi dan misi peserta politik serta memilih dengan hati nurani,” kata Hanan.

Selain itu Hanan yang juga mengampu Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan, pemilu tahun ini merupakan pemilu serentak dan rumit. Kerumitan tersebut meliputi banyaknya jumlah surat suara yang dicoblos dimungkinkan membingungkan pemilih, teknis pemberian surat suara kepada pemilih berdasarkan dapil, dan administrasi penghitungan suara. Selain itu, Hanan juga mengajak kepada para pemirsa Satelit TV untuk mendaftar sebagai petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Pendaftaran KPPS akan diumumkan akhir Februari. Saat ini bagi yang berminat bisa untuk menghubungi PPS desa/kelurahan setempat untuk menanyakan informasi maupun menyatakan kesanggupan ingin menjadi KPPS,” ujar Hanan. Kata dia, KPU Banyumas membutuhkan sebanyak 38.059 petugas KPPS yang bertugas di 5.437 TPS tersebar di 311 desa/kelurahan di Kabupaten Banyumas. (hwo)

 

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!