Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Kelola Dokumen C1 Plano Pemilu 2019

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Pasca Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas secara bertahap melaksanakan kegiatan pengelolaan dokumen teknis Pemilu dan Pemilihan. Dokumen teknis yang menjadi target tahun ini berupa lembar C1 Plano Pemilu 2019 yang terdiri dari C1 Plano Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Adapun pengelolaan dokumen dengan metode pemotretan lembaran C1 Plano secara berurutan per TPS per Jenis Pemilu dan dilaksanakan di ruang display Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Banyumas, Jum’at (08/01/2021).

“Kegiatan ini telah direncanakan pasca Pemilu 2019, dimana pada tahun 2020, KPU Banyumas terlebih dahulu melaksanakan kegiatan pendokumentasian file scan/unduh formulir C1 Pemilu 2019,” ujar Hanan Wiyoko, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Banyumas.

Sejalan dengan proyeksi digitalisasi RPP yang dicanangkan oleh KPU RI, digitalisasi dokumen kepemiluan C1 Plano Pemilu 2019 ini bertujuan agar KPU Banyumas memiliki arsip digital kepemiluan yang informatif dan lengkap, sehingga dapat meningkatkan manfaat dan fasilitas RPP demi tujuan akhir yakni peningkatan partisipasi dan literasi kepemiluan bagi masyarakat.

Hanan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini membutuhkan waktu cukup lama, mengingat jumlah dokumen yang sangat besar dari 5.437 TPS dan terdiri dari 5 jenis Pemilu. Sedangkan jumlah lembar C1 Plano DPR/DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota masing-masing berjumlah 18 lembar per TPS, C1 Plano DPD 2 lembar per TPS, dan C1 Plano PPWP 1 lembar per TPS. Dengan durasi pemotretan per TPS untuk DPR/DPRD memakan waktu sekitar 4-5 menit tergantung kondisi lembar C1 Plano.

Mengenai persiapan administrasi dan peralatan yang digunakan serta teknis penyimpanan hasil pemotretan disampaikan oleh Tunggul Hamisena, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Banyumas yang ditemui di sela kegiatan pemotretan. “Untuk kegiatan ini kami gunakan 2 kamera dan 2 laptop sebagai media penyimpan data. Dari kamera, gambar langsung disimpan ke folder sesuai alamat TPS yang tertera pada lembar C1 Plano,” jelas Kasubag yang akrab disapa Sena ini.

Sebagai alat kontrol dan pemantauan hasil kegiatan, juga disiapkan ceklis per TPS per jenis Pemilu untuk 27 Kecamatan, 331 Desa/Kelurahan dan form rekap harian. Sedangkan hasil pemotretan nantinya akan diunggah ke website KPU Banyumas sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!