Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Komitmen Berkonstribusi Terhadap Perbaikan Kualitas Demokrasi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menargetkan dalam lima tahun ke depan nilai keterbukaan informasi publik mencapai 100 persen. Hal itu termuat dalam dokumen Rencana Strategis (Renstra) 2020-2024 yang dibahas dan ditetapkan pada rapat pleno, Senin (19/10/2020) di aula KPU Kabupaten Banyumas dan dihadiri oleh seluruh komisioner, pejabat struktural dan para staf.

“Renstra yang disusun merupakan tindak lanjut dari telah ditetapkannya Renstra KPU RI 2020-2024 beberapa waktu yang lalu. Maka, kami di Banyumas tinggal menyusun dengan disesuaikan kondisi di sini,” ujar Khasis Munandar, ditemui seusai acara.

Khasis mengatakan ada beberapa evaluasi dari kinerja pencapaian Renstra 2014-2019, diantaranya adalah masih banyaknya penduduk yang seharusnya berhak masuk DPT tetapi karena satu dan lain hal tidak dapat masuk. “Angkanya masih cukup tinggi, makanya kita targetkan itu dapat dikurangi sampai di bawah 0,01%,” lanjut Ketua Divisi Perencanaan dan Data ini.

Peningkatan Kualitas Demokrasi dan Proses Politik

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif S., menyampaikan jika lembaga sangat serius untuk dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas lembaga-lembaga demokrasi dan perbaikan proses politik. Menurutnya, hal itu sebagai bagian dari tugas dan wewenang KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih seperti diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

“Renstra periode lalu kita sudah melampaui target tingkat partisipasi pemilih di atas 77,5 persen, dan (partisipasi) perempuan sampai 81%. Makanya lima tahun ke depan kita lebih luas lagi untuk dapat berkonstribusi terhadap perbaikan kualitas demokrasi dan proses politik,” ujar Imam saat membuka acara rapat pleno.

Imam menambahkan yang urgen saat ini adalah masyarakat berpartisipasi dalam Pemilu atau Pilkada bukan karena dimobilisasi tetapi juga sadar sebagai hak dan tanggung jawab warga negara.

“Di setiap pendidikan pemilih dan sosialisasi ke depan selalu kita sampaikan untuk merawat demokrasi semua warga negara harus tetap berpatisipasi dalam dalam pemilu tetapi juga periode diantara dua pemilu, kritis terhadap pembuatan kebijakan publik,” tandas Imam.

Renstra merupakan dasar dan panduan kegiatan dan program KPU Kabupaten Banyumas lima tahun ke depan. Di dalamnya termuat visi, misi, tujuan dan sasaran strategis serta langkah demi langkah untuk mencapainya. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!