Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Lantik 135 PPK

Purwokerto – Rabu (1/11) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi lantik 135 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Serentak 2108 di Baturaden melalui Surat Keputusan KPU Kabupaten Banyumas nomor 17/PP.05.3-Kpt/3302/KPU-Kab/X/2017 tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018. Pelantikan dilakukan dengan pembacaan sumpah atau janji yang dipimpin oleh Unggul dan diikuti oleh peserta. Prosesi tersebut disaksikan oleh anggota KPU Kabupaten Banyumas, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Banyumas, unsur Forkompinda Kabupaten Banyumas, Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Banyumas serta Camat se Banyumas.

Anggota PPK yang berjumlah 135 orang tersebut terdiri dari 109 anggota laki-laki dan 26 anggota perempuan. Mereka berasal dari 27 Kecamatan di Banyumas yang masing-masing berjumlah 5 orang. Peserta yang dilantik merupakan hasil dari proses rekruitmen yang cukup ketat. Seleksi terdiri dari seleksi administrasi, seleksi tertulis dan seleksi wawancara. Hal itu dilakukan dengan harapan anggota PPK terpilih benar-benar yang berkompeten dalam menjalankan tugasnya.

Dalam sambutannya, Unggul menyampaikan bahwa komposisi PPK yang terbentuk periode ini adalah komposisi yang baik. Dari rentang umur anggota PPK yang beragam, hal itu membuat kinerja PPK lebih efektif. “Range umur dari 17 tahun sampai 45 tahun ini adalah formasi efektif yang bisa saling bersinergi,” kata Unggul.

Didukung juga oleh prosentase anggota PPK berlatar pendidikan sarjana yang mencapai 60%, Unggul menyatakan bahwa hal itu akan mempermudah dan memperlancar kinerja. “Seharusnya tidak akan ada lagi pertanyaan ecek-ecek atau hal teknis mendasar dalam pelaksanaan tugas,” tandasnya.

Unggul mengharapkan agar pola kerja yang ada di PPK di setiap Kecamatan nanti menggunakan sistem kolektif kolegial. “Tidak selalu ketua PPK itu yang paling  benar,” katanya. Dia menyatakan bahwa setiap anggota PPK memiliki kekuatan yang sama untuk berpendapat dan ikut andil menyukseskan Pilkada.

Selanjutnya, Bupati Banyumas yang diwakili oleh Wahyu Dewanto  Kabag Pemerintahan dan Kerjasama Setda Kabupaten Banyumas menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya. Ia mengatakan bahwa anggota PPK terpilih harus banyak berkordinasi dengan pihak desa maupun Kecamatan setempat. “Anggota PPK harus berkordinasi dengan banyak pihak, terlebih sekarang sedang dalam tahap pembentukan PPS,” terangnya. Hal itu disampaikan olehnya karena melihat tahapan Pilkada yang sedang dalam tahap pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Wahyu juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Banyumas akan berkomitmen untuk senantiasa memberikan fasilitas untuk terselenggaranya Pilkada Serentak Tahun 2018 mendatang. “Beberapa fasilitas sudah kami wujudkan, di antaranya adalah dengan terbentuknya Desk Pilkada,” terangnya. Dia menerangkan bahwa Desk Pilkada itu akan bertugas untuk memonitoring Pilkada dan antisipasi jika ada kendala-kendala dalam persiapan Pilkada. Acara di akhiri dengan pemberian ucapan selamat dari para undangan kepada anggota PPK yang telah dilantik.

Pada sesi selanjutnya anggota PPK akan menerima materi Bimbingan Teknis (Bimtek) kepemiluan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas dan Panwaslih Kabupaten Banyumas sampai dengan tanggal 2 November siang besok.[rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!