Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Menerima Penghargaan KIP Award 2020

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menerima Piagam dan Surat Keputusan Penghargaan Badan Publik kategori KPU Kabupaten/Kota Informatif dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Jum’at (18/12/2020). Adapun penyerahan dilakukan oleh Anggota KIP Jawa Tengah, Handoko Agung Saputro dan diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif S bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Banyumas.

“Dari 35 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, hanya 2 KPU Kabupaten/Kota yang berhasil masuk kategori Informatif yakni KPU Kabupaten Karanganyar pada peringkat pertama dan KPU Kabupaten Banyumas pada peringkat kedua,” kata Handoko.

Kegiatan penilaian keterbukaan informasi oleh KIP Jawa Tengah kepada badan publik penyelenggara pemilu di Jawa Tengah dilakukan sejak awal tahun 2020 mencakup tentang penyampaian, penyediaan dan penguasaan Informasi Publik Kepemiluan Tahun 2020 berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Adapun hasil penilaian diumumkan dalam acara KIP Award tahun 2020 secara daring, Rabu 16 Desember 2020 lalu.

Di hadapan tim PPID KPU Banyumas, Koordinator Bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi KIP Jateng ini juga menyarankan kepada KPU Kabupaten Banyumas untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Kominfo yang memiliki software terkait portal open data, untuk memudahkan masyarakat memperoleh data atau informasi yang lebih mudah diolah.

Di akhir acara, Handoko berpesan agar KPU Banyumas mempertahankan kinerja kelembagaan dan menjaga komitmen untuk menjadi badan publik yang terbuka. “Menjadi terbuka bukan tugas sampingan melainkan kewajiban utama untuk menjadi Penyelenggara Pemilu yang sehat yang pastinya akan berdampak pada Demokrasi yang berkualitas,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai komisioner KPU Kabupaten Purworejo periode 2008-2013.

Sedangkan Khasis Munandar, Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Perencanaan Data dan Informasi dalam wawancaranya juga menyatakan komitmen upaya bersama jajaran PPID KPU Banyumas agar dapat selalu menjadi badan publik penyelenggara Pemilu yang terbuka, informatif dan kredibel. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!