Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Banyumas Raih Predikat Lembaga Informatif Dari KI Jateng

Semarang, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas berhasil meraih predikat lembaga informatif kategori KPU Kabupaten/Kota pada acara Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Award (KIP Award) tahun 2020 yang diselenggarakan secara daring, Rabu (16/12/2020). Penghargaan itu diberikan bagi lembaga pemerintah yang dinilai telah berupaya melakukan keterbukaan informasi publik. Selain KPU Kabupaten Banyumas, empat KPU Kabupaten/Kota lain juga berhasil memperoleh penghargaan, yaitu KPU Kabupaten Karanganyar, KPU Kabupaten Kebumen, KPU Kabupaten Kudus, dan KPU Kabupaten Jepara.

“Alhamdulillah KPU Kabupaten Banyumas berhasil meraih predikat lembaga informatif untuk tingkat KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras,” kata Imam Arif ditemui seusai acara.

Imam menjelaskan pihaknya telah melalui empat tahapan penilaian oleh KI Provinsi Jawa Tengah, yaitu penilaian informasi wajib berkala, penilaian kuesioner mandiri, klarifikasi dan verifikasi serta uji publik oleh tim penilai yang dilakukan secara daring. “Penilaian semuanya menguji kesiapan sejauhmana kita dalam melayani publik dalam memperoleh informasi. Itu sekaligus menjadi evaluasi kami untuk melakukan perbaikan, mana yang masih kurang, mana yang perlu ditingkatkan. Termasuk hal apa yang di satker lain sudah bagus, akan kita contoh,” kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas ini.

KIP Award merupakan ajang penghargaan bagi badan publik yang secara serius melakukan upaya keterbukaan informasi sesuai amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. KIP Award tidak hanya diberikan untuk kategori KPU Kabupaten/Kota, tetapi penghargaan keterbukaan informasi juga diberikan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota, lembaga pemerintah vertikal, dinas/kantor/badan di Provinsi Jawa Tengah, rumah sakit pemerintah, dan pemerintah kabupaten/kota. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!