Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS SELESAIKAN REKAP SUARA DI KPU PROVINSI

Komisioner KPU Banyumas Yasum Surya Mentari sedang membacakan rekapitulasi tingkat Kabupaten pada Rapat Pleno di KPU Provinsi Jawa Tengah

SEMARANG – KPU Banyumas menyelesaikan rekapitulasi di KPU Provinsi Jawa Tengah Selasa (7-05-2019) kemarin. Pembacaan rekapitulasi dilakukan oleh komisioner KPU Kabupaten Banyumas secara bergiliran. Pembacaan didahului untuk Pemilu Presiden, DPR, DPD dan DPRD Provinsi. Turut hadir Bawaslu Kabupaten Banyumas.

KPU Provinsi Jawa Tengah memulai tahapan rekapitulasi tingkat provinsi mulai Senin (06-05-2019) dan direncanakan akan selesai sampai tanggal 12 Mei mendatang. KPU Provinsi menjadwalkan pembacaan hasil rekapitulasi Kabupaten Banyumas di hari kedua rekap. “Itu sepenuhnya KPU Provinsi yang menjadwalkan. Saya rasa mungkin atas pertimbangan kesiapan masing-masing KPU kabupaten/kota. Karena saat ini masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum selesai (rekap)”, kata Hanan, ditanya perihal jadwal pembacaan rekap.

Hanan menambahkan memang ada sedikit koreksi atas hasil rekapitulasi yang sudah dilaksanakan di tingkat kabupaten. Menurut Ketua Divisi Teknis ini, koreksi menyangkut pemilih disabilitas yang menggunakan hak suara. “Ada beberapa koreksi tadi yang disampaikan di forum rekap dan dibacakan per item, yakni terkait pemilih disabilitas yang menggunakan suara untuk Pemilu Presiden, DPD dan DPRD Provinsi”, katanya.

Tindak Lanjut Situng Hanan juga menyampaikan bahwa KPU Kabupaten/Kota juga harus menyelesaikan unggah data hasil penghitungan dan rekapitulasi melalui Situng. Sebab, menurutnya, meski rekapitulasi secara berjenjang telah selesai di tingkat kabupaten sebagai hasil resmi, tetapi masyarakat perlu mengetahui alur perjalanan angka sejak dari TPS sampai dengan ditetapkan di tingkat nasional nantinya. “Sebagai bentuk akuntabilitas publik, kita akan terus menyelesaikan proses unggah data melalui Situng. Kita sudah perintahkan pihak para operator untuk terus bekerja. Saya optimis bisa 100% (unggah data)”, kata pria berkaca mata ini. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!