Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS TETAP LAYANI AUTENTIKASI DATA PEROLEHAN SUARA PARPOL

PURWOKERTO- Meski sedang diterapkan Work From Home (WFH) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas tetap membuka layanan penerbitan surat keterangan perolehan suara partai politik. Seperti hari ini, Senin (27-04-2020), sejumlah partai politik datang untuk meminta surat keterangan dan dilayani oleh pegawai yang sedang mendapat giliran piket.

Seperti diketahui, salah satu syarat pencairan dana bantuan untuk partai politik (Banpol)  yang berasal dari APBD Kabupaten Banyumas tahun anggaran 2020 adalah autentikasi jumlah perolehan suara yang diperoleh masing-masing partai politik dari KPU Kabupaten Banyumas. Untuk itu, sejumlah partai politik telah mengirimkan permintaan surat keterangan perolehan suaranya pada Pemilu 2019. Tahapan pengajuan, verifikasi dan pencairan dana Banpol lebih lanjut sepenuhnya menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Menurut Cenata Noviarto, per tanggal 27 April 2020 dari sepuluh partai politik yang berhak menerima Banpol baru enam partai yang telah mengajukan. Sementara sisanya belum mengajukan atau surat yang telah dibuat belum diambil. “Biasanya pengajuan berbarengan, karena masa pengajuan syarat ke Pemkab sudah ditentukan waktunya”, ujar staf KPU Banyumas yang ditugasi menjadi narahubung dengan partai politik ini.

Sementara itu, menurut Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris KPU Banyumas, Kasworo, pihaknya rutin dimintai autentikasi perolehan suara parpol. Menurutnya, surat keterangan yang dibuat oleh KPU Banyumas hanya memuat jumlah perolehan suara dan kursi yang diperoleh partai politik. Sebab, menurut pria yang sudah mengemban jabatan Plt. Sekretaris selama empat bulan ini, jumlah suara yang diperoleh akan menjadi dasar penentuan besaran dana Banpol yang diperoleh dikalikan satuan indeks yang ditetapkan oleh Pemkab Banyumas. Partai yang mengajukan hanya yang mendapatkan kursi di DPRD Banyumas sesuai dengan hasil Pemilu 2019.  “Tahun-tahun sebelumnya KPU Banyumas selalu dilibatkan pada tahap verifikasi (pengajuan syarat Banpol)”, pungkasnya. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!