Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU BANYUMAS TETAPKAN REKAPITULASI DAFTAR PEMILIH BERKELANJUTAN

PURWOKERTO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan melalui Rapat Pleno, Rabu kemarin (10-06-2020), di aula yang dihadiri oleh komisioner, sekretaris dan sub bagian yang membidangi. Rekapitulasi itu didapatkan melalui pembaharuan data yang berasal dari koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyumas.

Menurut Khasis Munandar, sesuai instruksi KPU RI KPU Kabupaten/Kota diminta untuk melaksanakan pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) dengan cara berkoordinasi dengan dinas terkait. Hasil koordinasi, lanjut Khasis, digunakan untuk proses updating  pelayanan administrasi kependudukan, meliputi penduduk pindah dan datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status TNI/Polri serta kematian. “Data awal yang kita pakai adalah data DPTHP 3 (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap 3) yang digunakan pada Pemilu 2019 lalu”, katanya pria yang saat ini tinggal di Kemranjen ditemui di ruang kerjanya seusai rapat pleno.

Khasis menambahkan dari hasil updating sampai bulan Mei 2020, jumlah pemilih baru bertambah 2.917 jiwa dan pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 957 jiwa. Jadi, total pemilih berkelanjutan sebanyak 1.352.941 jiwa. Secara umum, sambung Khasis, terdapat penambahan jumlah pemilih dibandingkan dengan DPT Pemilu 2019 yang lalu.

Khasis berharap, koordinasi dengan Dindukcapil semakin baik agar proses konsolidasi data pemilih semakin akurat dan mengurangi potensi permasalahan daftar pemilih pada Pemilu yang akan datang. Pihaknya juga berkomitmen masyarakat lebih mudah dalam melaporkan perubahan kependudukan kepada KPU Kabupaten Banyumas. “Kita sedang menyiapkan kanal informasi online agar masyarakat mudah untuk melaporkan bila ada perubahan data penduduk”, ujar anggota KPU Kabupaten Banyumas yang membawahi divisi perencanaan dan data ini. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!