Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KPU Dorong Pelibatan Pemilih Disabilitas

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Mewujudkan pemilihan serentak lanjutan yang ramah difabel serta berpedoman pada protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) menjadi amanah khusus bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 ini.  Pemahaman lebih dalam terhadap difabel menjadi penting bagi penyelenggara pemilihan guna mewujudkan prinsip aksesibilitas dalam pemilihan.

Hal tersebut menjadi bahasan dalam Webinar KPU Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Rabu (08/07/2020) dengan tema “ Pilkada Inklusif di Masa Pandemi Covid-19”. Dengan peserta yang terdiri dari Ketua, Anggota Divisi Sosdiklih dan Parmas, dan Kasubag Teknis 35 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah, webinar ini juga diikuti oleh rekan-rekan dari organisasi disabilitas di beberapa daerah seperti SEHATI Sukoharjo dan HWDI (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia).

Sebagai narasumber utama hadir Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden yang membidangi Kajian dan Pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM Strategis, Sunarman Sukamto yang memaparkan mengenai ragam disabilitas serta pemilihan yang inklusif dalam setiap tahapan pemilihan.

“Informasi dan simulasi prosedur dalam Pilkada 2020 yang berbeda karena adanya Covid-19 wajib menjangkau semua ragam disabilitas. Demikian pula terlindunginya keselamatan difabel dari kemungkinan terpapar atau tertular Covid-19 saat menggunakan hak politiknya di TPS 9 Desember 2020 nanti,”ujar Sunarman dalam paparan secara daring ini.

Sunarman juga berharap dalam pemilihan yang inklusif ini, baik penyelenggara maupun peserta pemilihan juga memahami dan mematuhi amanat UU terkait aksesibilitas informasi dan edukasi politik bagi difabel demi kesetaraan dan keadilan.

Kegiatan daring dengan media aplikasi zoom ini dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat dan pemantik webinar, Diana Ariyanti, Anggota KPU Jawa Tengah Divisi Sosdiklih dan Parmas. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!