Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

ANGGOTA KPU JAWA TENGAH BERI SOSIALISASI PEMILU BAGI DIFABEL DI BANYUMAS

BANYUMAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Sosialisasi Pemilu 2019 Bagi Basis Pemilih Penyandang Disabilitas, Kamis (28/2). Pada kegiatan itu, KPU Banyumas menghadirkan anggota Provinsi Jawa Tengah, Diana Ariyanti sebagai narasumber untuk peserta. Sosialisasi digelar di balai pertemuan desa Sidabowa, Patikraja. Turut hadir juga pada kegiatan itu akademisi UNSOED Purwokerto, Ahmad Sabiq sebagai narasumber. Sementara untuk mengatur jalannya acara, Yasum Surya Mentari, anggota KPU Kabupaten Banyumas hadir sebagai moderator.

Pada kesempatan itu Diana menyatakan, kaum difabel memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya di Pemilu Tahun 2019. Katanya, ada delapan hak kaum difabel yang harus diberikan. Ada hak bagi kaum difabel untuk didaftar sebagai pemilih guna memberikan suara, hak atas akses yang aksesibel ke TPS, hak atas pemberian suara yang rahasia, hak untuk mencalonkan diri dan dipilih menjadi anggota legislatif, hak untuk mencalonkan diri dan dipilih menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden, hak untuk mencalonkan diri dan dilih mencadi calon kepala daerah di provinsi/kabupaten/kota, hak atas informasi termasuk informasi tentang pemilu, serta hak untuk ikut menjadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan.

“Dengan prinsip ‘KPU Melayani’ kami pastikan semua kaum difabel mendapatkan hak itu pada Pemilu Tahun 2019,” terang anggota KPU jawa Tengah yang pernah membidangi divisi SDM dan Parmas pada tahun 2013-2018 ini.

Menurutnya, KPU akan menyelenggarakan Pemilu yang memungkinkan setiap warga negara bisa memenuhi hak pilihnya secara bebas dan rahasia.

“Serta tidak ada persyaratan yang membatasi hak seseorang untuk memilih,” tambahnya.

Sebagai salah satu bentuk kemudahan ini, KPU akan menyediakan alat bantu berupa template surat suara yang memuat huruf braile untuk membantu penyandang tuna netra saat mencoblos. Selain itu, TPS juga akan didesain seaksesibel mungkin. Ini agar semua pemilih penyandang disabilitas dapat mengakses TPS dengan mudah.

Sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi pencoblosan. Perwakilan peserta memeragakan proses pencoblosan surat suara. Dilanjutkan dengan memasukannya ke kotak suara.

Sementara itu, Ahmad Sabiq juga turut menyampaikan ajakan kepada peserta untuk aktif dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia mengajak agar peserta bisa menjadi pemilih yang cerdas. Pemilih diminta agar cermat dalam melihat rekam jejak setiap kandidat Pemilu 2019.

Di tempat terpisah, sosialisasi juga dilakukan di Balai Desa Gumelar Kecamatan Gumelar. Khasis Munandar, Anggota KPU Kabupaten Banyumas hadir sebagai pembicara. Sosialisasi diberikan bagi puluhan peserta dari pemilih basis keluarga. [jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!