Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

KURSUS KEPEMILUAN LAHIRKAN AGEN INFORMASI BAGI MASYARAKAT BANYUMAS

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Kursus Kepemiluan di Aula KPU Kabupaten Banyumas pada Selasa (27/11). Kegiatan diikuti oleh dua puluh satu peserta perwakilan dari berbagai komunitas dan organisasi kemasyarakatan di Banyumas.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi berpesan kepada peserta agar setelah menjadi alumni dari kursus kepemiluan ini mereka menjadi agen informasi kepemiluan bagi masyarakat di sekitar.

“Serap ilmu dan informasi sebanyak-banyaknya dan teruskan informasi itu ke seluruh masyarakat,” tutur Imam dalam sambutan pembukaannya.

Selain itu, Imam juga menyampaikan bahwa tujuan lain dari kegiatan ini adalah agar alumni peserta kursus dapat berperan sebagai penyelenggara Pemilu. Jelang waktu pemungutan suara, lanjutnya, akan ada pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bisa diikuti oleh peserta. Atau setidaknya bisa menjadi Relawan Demokrasi (Relasi) yang rencananya akan diadakan di awal tahun 2019.

Pada kegiatan ini, KPU Kabupaten Banyumas mengundang berbagai narasumber. Materi tentang Demokrasi, Kewarganegaraan dan Pemilu disampaikan oleh Indaru S Nurprojo pada sesi pagi. Sementara sesi siang, materi tentang Tata Kelola, Penyelenggara dan Regulasi Pemilu disampaikan oleh Agus Wahyudi.

Di berbagai sesi, peserta diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya terkait materi. Sesi diskusi terlihat hangat dan diikuti oleh seluruh peserta dengan antusias.

Sesuai rencana, Kursus Kepemiluan akan dilaksanakan dalam tiga gelombang serupa dengan lain peserta dan narasumber. Kursus gelombang dua akan diadakan pada Kamis (29/11) dan kursus gelombang tiga akan digelar pada Kamis (6/12). [fki]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!