Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

LENGKAPI DOKUMEN ALAT BUKTI, KPU BANYUMAS GELAR PEMBUKAAN KOTAK SUARA

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas mengundang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kepolisian Resort (Polres) Banyumas untuk menyaksikan pembukaan kotak suara, Kamis (04-07-2019), di Aula KPU Banyumas. Tujuan pembukaan kotak suara adalah untuk melengkapi Dokumen Alat Bukti (DAB) berupa Formulir C1 berhologram, C1 Plano Berhologram, Formulir seri C, Formulir DAA1 dan DA1 dari 20 TPS yang menjadi obyek sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Menurut Suharso Agung Basuki, sesuai prosedur KPU Banyumas diharuskan mengundang Bawaslu dan Kepolisian untuk menyaksikan pembukaan kotak suara tersegel yang berisi dokumen di TPS. “DAB memang masih ada yang di dalam kotak suara tersegel. Misalnya, C1 Plano dan C1 berhologram pasti masih ada di kotak suara”, kata Agung dalam sambutan kegiatan.

Agung menambahkan KPU Banyumas diburu waktu untuk segera melengkapi DAB dan menyusun kronologis penyelesaian sengketa PHPU di Dapil Banyumas 5. Sebab, menurut Agung, sidang pemeriksaan pendahuluan mulai akan digelar tanggal 9-12 Juli 2019 mendatang. Maka, sesegera mungkin DAB dan kronologis harus diserahkan ke KPU RI. “Berdasarkan pengalaman, disana pasti akan crowded karena ada sekian satker KPU yang juga mengumpulkan DAB. Maka, kita harus sudah fix (seluruh dokumen) dari sini”, kata Agung di sela-sela acara.

Seperti diketahui, di Banyumas Dapil 5 ada pengajuan sengketa PHPU dari PDI-Perjuangan dengan obyek di 20 TPS yang tersebar di tiga kecamatan. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!