Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

MAGANG DI KPU BANYUMAS, MAHASISWA FISIP UNSOED BELAJAR TATA KELOLA DATA PASCA PEMILU 2019

Mahasiswa magang mengolah data hasil Pemilu 2019 di ruang Media Center KPU Banyumas.

PURWOKERTO – Lima orang mahasiswa jurusan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, menjalani program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas sejak 20 Januari hingga 14 Februari 2020.

“Mata kuliah PKL dibentuk sebagai modal keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Salah satu instansi yang terkait adalah KPU.  Diharapkan di KPU, mahasiswa yang magang punya kemampuan atau pengetahuan real politik bagaimana lembaga penyelenggara pemilu itu bekerja, mulai dari struktur, tata cara kerja, mekanisme dan sebagainya,” Tutur Indaru Setyo Nurprojo, Ketua Jurusan Ilmu Politik Unsoed, saat ditemui di kantornya, Selasa (11/02/2020). 

Indaru juga menambahkan harapannya tentang kegiatan PKL atau magang ini, mahasiswa bukan hanya mendapatkan teori saja tetapi juga mengetahui secara langsung bagaimana cara kerja lembaga kepemiluan terkhususnya di daerah, serta mungkin bisa mengetahui kelemahan-kelemahan apa yang ada di lembaga itu dalam proses penyelenggaraan pemilu maupun proses demokrasi.

PKL dilaksanakan oleh Nafila, Fitri Andriyani, Arida Khusnul Khotimah, Irhas Mufti Murtadlo, dan Ivan Rizki Pratama Aji yang merupakan mahasiswa semester enam FISIP Unsoed.

Selain dikarenakan KPU Banyumas selaras dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh, Nafila menyebutkan bahwa alasan mereka memilih KPU Banyumas adalah ingin mengetahui bagaimana proses pengelolaan data pasca-Pemilu serentak 2019. 

“Kami memilih KPU Banyumas sebagai tempat magang juga atas rekomendasi dari jurusan.” Ujar Irhas Mufti.

Manfaat Magang di KPU

Arida menyampaikan bahwa salah satu manfaat mereka magang di KPU Banyumas adalah mendapatkan banyak pengalaman tentang dunia kerja, seperti mengenai pengelolaan data pasca pemilu untuk dijadikan infografis yang nantinya dapat lebih mudah dikonsumsi oleh masyarakat umum, disamping tahapan penyelenggaraan Pemilu yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Mahasiswi magang di ruang subbag keuangan, umum dan logistik

“Manfaat lain yang kami dapatkan selama menjalani magang di KPU Banyumas adalah mendapatkan ilmu baru tentang pergantian antar waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Fitri.

“Tugas yang diberikan oleh KPU Banyumas tidak hanya berkaitan dengan politik saja, tapi kita juga bisa belajar mengenai hal-hal baru, seperti men-design majalah, infografis, video kepemiluan, serta administrasi kepemiluan,” tutur Ivan.

Para mahasiswa magang ini membantu pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Komisioner KPU Banyumas maupun Sekretariat.

Plt Sekretaris KPU Banyumas, Kasworo mengatakan kesempatan magang kepada mahasiswa di KPU terbuka untuk semua kampus di Purwokerto. Pasca pemilu banyak hal yang dilakukan di kantor KPU, tidak sekedar kegiatan rutin, tapi juga yang berkaitan dengan teknologi informasi, multimedia dan digitalisasi dalam rangka sosialisasi kelembagaan dan kepemiluan berkelanjutan.

Selain sebagai tempat magang, KPU juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa atau masyarakat yang akan mengadakan riset tentang kepemiluan. (Ar/Nf)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!