Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Mahasiswa Milenial Dan Demokrasi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Mahasiswa sebagai generasi milenial merupakan penerus estafet kepemimpinan di negeri kita, mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan untuk meningkatkan kualitas demokrasi dari tahun ke tahun. Generasi milenial harus peduli dan tidak apatis pada politik, berperan aktif di tiap jenis pemilihan agar bisa menentukan wakil rakyat yang sesuai dengan pilihannya.

“Karena politik akan mengatur seluruh sendi kehidupan kita, dan pemilu adalah satu-satunya cara untuk memperbaharui pemerintahan dalam lima tahun sekali,” jelas anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Yasum Surya Mentari dalam kegiatan KPU Banyumas Goes to Campus (KGTC) Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Yos Sudarso Purwokerto, Rabu (18/11/2020).

Surya juga menjelaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang melek teknologi dan sangat aktif di dunia media sosial, sehingga diharapkan mampu menangkal adanya berita hoaks, menghalau konten negatif dalam politik seperti black campaign, turut menyebarkan konten yang mendidik dan menjadi agen perubahan bagi masyarakat.

Narasumber Antonius Ary Setyawan memaparkan materi dengan tema Mahasiswa dan Tanggung Jawab Demokrasi. Wakil Ketua Bidang SDM dan RT STIKOM Yos Sudarso ini menyampaikan ciri khas negara demokrasi dimana kebebasan individu, kebebasan pers, kebebasan memperoleh pendidikan, adanya konsep hukum yang tegas dan nyata serta pemerintahan di tangan rakyat dengan adanya pemilu.

“Mahasiswa yang notabene sebagian besar adalah pemilih pemula, jangan hanya jadi penonton, turut berpartisipasi aktif sebagai pemilih dan turut serta mengawal pemilu”, ujar Romo Ary, panggilan akrabnya.

Kegiatan KGTC yang diikuti oleh dosen dan staf secara tatap muka terbatas serta sekitar 250 mahasiswa melalui daring zoom dan youtube, dipandu oleh Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Hukum dan Pengawasan Suharso Agung Basuki. (DV/ed diR)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!