Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

MAHASISWI UNSOED TELITI PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DIFABEL DALAM PEMILU 2019

Penyerahan hasil penelitian berupa skripsi oleh mahasiswi jurusan Sosiologi FISIP UNSOED Purwokerto kepada PPID KPU Kabupaten Banyumas

PURWOKERTO – Partisipasi politik kelompok difabel dalam Pemilu 2019 menarik minat mahasiswa melakukan penelitian. Siti Safanasari, mahasiswi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan penelitian berjudul Partisipasi Politik Perempuan Difabel dalam Pemilu 2019 di Purwokerto. Karya skripsi ini mengantarkan dirinya meraih gelar Sarjana Sosiologi.

Penelitian kualitatif ini dibimbing oleh Dr Soetji Letari, M.Si dan  Dr Tri Wuryaningsih, MS.i. Hasil penelitian menemukan adanya bentuk-bentuk partisipasi politik perempuan difabel terbagi dua yaitu menjadi spectator dan gladiator.

Spectator yaitu memilih dalam pemilihan umum (voters) dan gladiator yaitu terlibat dalam proses politik (pemilu) seperti menjadi relawan demokrasi dan mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu,” kata Siti Safanasari saat mengantarkan skripsi hasil penelitian ke kantor KPU Banyumas, Kamis (30/1).

 Hasil penelitian berikutnya adalah hambatan partisipasi politik perempuan difabel terbagi menjadi hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal adalah hambatan yang berasal dari dalam diri perempuan difabel itu sendiri, seperti minat, kemampuan, dan kesadaran politik perempuan difabel, sedangkan hambatan eksternal adalah hambatan yang berasal dari luar individu, bersifat teknis dan struktural, seperti hambatan pelaksanaan teknis dan struktural dalam pemilu 2019.

Upaya untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan difabel yaitu dengan pendidikan politik, dan mendorong untuk mengikuti organisasi difabel, agar semakin aktif ikut dalam kegiatan-kegiatan publik, dan pemenuhan hak-hak fasilitas pemilu yang inklusi.

Lebih lengkap untuk mengetahui hasil penelitian bisa dibaca di perpustakaan KPU Banyumas. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!