Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

MENYOAL LOKASI LARANGAN KAMPANYE

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mengundang partai politik dalam Rapat Koordinasi Fasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu Tahun 2019, bertempat di Aula KPU Kabupaten Banyumas (27/9). Imam Arif Setiadi, selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi SDM dan Parmas yang menjadi pemateri dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Banyumas sudah menerbitkan Surat Keterangan (SK) tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Berdasarkan SK Nomor 67/PL.01.5-Kpt/3302/KPU-Kab/IX/2018, Imam menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Banyumas telah menetapkan bahwa lokasi pemasangan APK Pemilu Tahun 2019 adalah di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas kecuali lokasi yang dilarang untuk kegiatan kampanye dan pemasangan APK.

Mengenai zona terlarang tersebut, Imam memberikan panduan mengenai tempat yang dilarang dipergunakan untuk memasang APK.

“Dengan pedoman ini partai akan lebih mudah memahami mana yang masuk dalam zona larangan pemasangan APK”, tutur anggota KPU Kabupaten Banyumas paling muda ini.

SK tersebut merupakan hasil dari rapat pleno anggota KPU Kabupaten Banyumas yang didasarkan pada peraturan KPU RI Nomor 23 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan peraturan KPU Nomor 28 dan Nomor 33 Tahun 2018 dan usulan lokasi yang dilarang untuk kampanye dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Banyumas.

Menanggapi itu, partai politik melihat banyak adanya perbedaan antara PKPU dengan SK tersebut. Usulan tempat yang dilarang untuk berkampanye yang diusulkan oleh PPK dan PPS dalam SK tersebut dianggap terlalu banyak yang melebihi ketentuan PKPU.

“Di SK ini banyak tempat yang dilarang yang sebenarnya di PKPU diperbolehkan untuk berkampanye” kata salah satu penghubung partai.

Oleh karena itu, dari pihak partai politik menyarankan KPU Kabupaten Banyumas supaya mengkaji ulang SK tersebut.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas menerima masukan dari partai politik dan akan segera menindaklanjuti dengan merubah SK tersebut. [ais]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!