Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

NGODEMAS Ramadhan: Memberdayakan Umat Melalui Sedekah

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kembali menggelar acara Ngobrol Demokrasi KPU Banyumas (NgoDeMas). Ditayangkan di Channel YouTube resmi KPU Banyumas, menghadirkan Direktur Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kab. Banyumas, Sabar Waluyo sebagai narasumber dan dipandu oleh Kasubag Program dan Data KPU Banyumas, Subhan Purno Aji, Jum’at (30/4/2021).

Secara singkat di awal perbincangan dijelaskan mengenai profil singkat lembaga Lazismu sebagai lembaga penyalur zakat resmi bagian dari Muhammadiyah. Perbincangan kemudian dilanjutkan dengan program-program yang digalakkan Lazismu Banyumas.

Lazismu Banyumas mencanangkan program dimana zakat, infaq, dan shodaqoh bisa memberdayakan masyarakat yang belum terberdayakan. Lazismu mengadakan program pendidikan yang mana zakat akan disalurkan kepada anak-anak yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan sekolah. Selain itu di bidang ekonomi, Lazismu Banyumas mencanangkan program penyaluran dana untuk membangun UMKM dan program pemberdayaan masyarakat kecil di Banyumas.

“Adanya program penyaluran untuk pemberdayaan yang dilaksanakan Lazismu Banyumas tersebut diharapkan mampu mengubah karakter masyarakat. Lazismu berupaya mengubah karakter masyarakat yang terbiasa tangan di bawah, akan berubah menjadi kebiasaan tangan di atas,” kata pria yang akrab disapa Sabar ini.

Sabar mengungkap Lazismu Banyumas memberdayakan UMKM tidak hanya sebatas memberikan modal usaha saja, melainkan adanya pendampingan hingga pelaku UMKM baru bisa berdiri sendiri. Pada program pemberdayaan tersebut, Lazismu sendiri membentuk komunitas UMKM yang dibina oleh Lazismu Banyumas.

Sebagai penutup acara, Sabar mengajak agar para masyarakat Banyumas tidak hanya memberi bantuan materil kepada golongan kurang mampu, melainkan juga turut serta memberdayakan mereka agar bisa berdikari dalam segi ekonomi. Menurutnya, hal tersebut merupakan makna dari adanya zakat, infaq, dan shodaqoh dalam Islam. (mrz_ed sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!