Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PARPOL DI BANYUMAS PENUHI ASAS KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN ZIPPER DALAM PENGAJUAN CALEG

Purwokerto – Tahapan pengajuan bakal calon anggota Legislatif DPRD Kabupaten Banyumas sejak tanggal 4 Juli lalu telah berakhir pada tanggal 17 Juli kemarin. Keenam belas Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 yang ikut dalam Pemilu di Banyumas masing-masing telah mengambil perannya untuk berdemokrasi, mengajukan daftar calonnya masing-masing. Sampai penutupan tahapan pendaftaran itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas telah memberikan Berita Acara penerimaan berkas pencalonan dan berkas calon serta berhasil melakukan rekapitulasi tentang jumlah daftar calon yang diajukan dari seluruh partai.

“Dari total 583 Bacaleg yang diajukan, ada sejumlah 233 Bacaleg perempuan dan laki-laki sejumlah 350 orang,” tutur Ikhda Aniroh, Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis.

Perempuan yang membidangi tahapan pencalonan ini melanjutkan, persentase minimal 30% keterwakilan perempuan juga sudah dipenuhi oleh masing-masing Parpol. Hal ini sudah terverifikasi sejak masing-masing partai mengajukan daftar calonnya.

Tidak hanya masalah keterwakilan perempuan, partai politik di Banyumas juga sudah memenuhi prinsip zipper dalam mengatur posisi daftar calon. Prinsip zipper merupakan pengaturan di mana harus ada minimal satu perempuan di setiap tiga calon yang diajukan secara berurutan.

“setelah diverifikasi, partai juga sudah memenuhi prinsip zipper,” terang Ikhda.

Berdasarkan sistem absensi, urutan pendaftaran partai itu diawali oleh Partai Nasdem, dilanjutkan oleh Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Perindo, Partai Golkar, PKS, PAN, PBB, PSI, PKB, Partai Berkarya, Partai Gerindra, PKPI, Partai Hanura, Partai Garuda dan PPP. [rfk]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
%d blogger menyukai ini:
Click to listen highlighted text!