Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pembinaan SDM, Sekretaris KPU Jateng: Pegawai Harus Tetap Berkreasi Di Masa Pandemi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Di masa pandemi, pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus tetap produktif. Meski banyak anggaran kegiatan dialihkan untuk penanganan COVID-19, tetapi segenap pegawai harus berkomitmen untuk tetap berkreasi, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Justru karena masa seperti pandemi ini, dapat melecut semangat untuk terus berinovasi dan menghindari cara bekerja yang biasa-biasa saja.

Demikian salah satu pesan Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah, Sri Lestariningsih, saat menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan KPU Kabupaten Banyumas, Selasa pagi (14/07/2020), yang dilakukan secara daring. “Justru orang-orang yang berkualitas itu (adalah) orang yang memiliki kegiatan (meski) tidak memiliki anggaran. Kalau anggaran banyak tapi tidak dilaksanakan itu orang yang ngerti tapi nggak paham,” ujar orang nomor satu di Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah ini.

Dia mengingatkan di masa pandemi ini segenap keluarga besar KPU diminta tetap menjaga kesehatan, dengan cara mematuhi protokol kesehatan. Terkait dengan aturan bekerja dari kantor, lanjutnya, semua pegawai diminta untuk menjaga jarak antar minimal dua meter dan meminimalisir bekerja dalam satu ruangan yang tertutup. Sebab, meski belum ada bukti yang meyakinkan virus bisa menular lewat udara, tetapi lebih baik kita menghindari. “Silakan diatur agar jarak antar pegawai minimal dua meter untuk mencegah penyebaran Covid,” katanya lagi.

Pembinaan pegawai merupakan hal yang rutin di lingkungan KPU Kabupaten Banyumas. Selain untuk menguatkan soliditas organisasi, juga untuk menyegarkan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Menurut Suharso Agung Basuki yang mewakili Ketua KPU Banyumas, pembinaan pegawai merupakan forum untuk menyegarkan kembali ruh dalam bekerja sebagai penyelenggara Pemilu. “Harapannya para ASN jadi semakin tahu akan hak dan kewajibannya,” kata anggota yang membidangi divisi hukum dan pengawasan ini.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Kasworo, mengatakan kegiatan pertemuan daring semacam ini akan semakin rutin dilakukan. Sebab selain sebagai salah satu bentuk dari penguatan lembaga KPU Banyumas sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana konsultasi secara langsung terkait pelaksanaan tugas dan fungsi di satker masing-masing.  “Ada banyak sarana yang bisa digunakan, tidak dengan tatap muka ya kita bisa lakukan dengan cara daring seperti ini. Yang penting esensinya adalah pembinaan dan konsolidasi serta sharing knowledge,” ujarnya ditemui sesaat setelah kegiatan berlangsung. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!