Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pemilihan Aksesibel Untuk Pemilih Disabilitas

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertekad untuk memberikan layanan dalam pemilihan yang aksesibel dan setara untuk sahabat-sahabat penyandang disabilitas. Antara lain dengan menghadirkan penerjemah/ahli bahasa isyarat dalam kegiatan sosialisasi KPU, penyediaan template braille saat pemungutan suara, maupun mendorong teman teman penyandang disabilitas untuk terlibat sebagai penyelenggara pemilu. Demikian pula pelaksanaan pemilihan dengan memperhatikan protokol Covid-19.

Hal ini mengemuka dalam diskusi virtual dengan tema “Pilkada Akses Di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat, Kamis (25/06/2020).

Diskusi diikuti oleh Ketua dan Anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) dari KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat, termasuk Komisioner Kabupaten Banyumas yakni Yasum Surya Mentari,

Dalam pembukaan diskusi, Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menyampaikan bahwa aspek aksesibilitas dalam penyelenggaraan pemilihan sebelumnya dapat dievaluasi bersama, guna peningkatan kualitas pada pemilihan tahun 2020 ini dan pemilu selanjutnya.

Sedangkan Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok menyampaikan bahwa partisipasi pemilih merupakan salah satu indikator electoral integrity, dalam hal ini khususnya pemilih disabilitas.

Narasumber dari perwakilan lembaga PBB yaitu CRPD (Conventions on the Rights of Person with Disability) Risnawati Utami memaparkan perihal aksesibilitas serta partisipasi dalam kehidupan politik dan publik, tantangan dalam pelaksanaan pemilihan yang aksesibel untuk penyandang disabilitas serta beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas pemilihan yang aksesibel, adil, inklusif dan akuntabel.

Bertindak sebagai pemantik diskusi dalam diskusi ini adalah Anggota KPU Jawa Tengah dan Jawa Barat Divisi Sosdiklih dan Parmas yaitu Diana Ariyanti dan Idham Holik. (SKS)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!