Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pemilu Penting Dan Merupakan Kebutuhan Bersama

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Pemilihan umum (Pemilu) adalah wujud demokrasi yang penting untuk dilaksanakan dan merupakan kebutuhan bersama. Mengapa demikian? Karena Pemilu akan menghasilkan para pelaksana pemerintahan yakni pemimpin (eksekutif) atau wakil rakyat (legislatif). Dengan tugas sebagai pembuat kebijakan yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak, pelaksana kedaulatan rakyat yang terpilih harus berkualitas dan tepat agar dapat memajukan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa.

“Disini pentingnya kesadaran seluruh masyarakat, termasuk mahasiswa, akan pentingnya pemilu sebagai demokrasi prosedural untuk memilih orang-orang yang dianggap bisa menyelesaikan permasalahan kita,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Imam Arif S di hadapan mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto dalam kegiatan KPU Banyumas Goes to Campus (KGTC) IAIN Purwokerto, Selasa (17/11/2020).

Perlunya membangun kesadaran bersama dan pendidikan politik yang benar, bahwa pemilu bukanlah kepentingan peserta dan juga penyelenggara, akan tetapi merupakan kebentingan bersama semua masyarakat juga disampaikan oleh narasumber berikutnya Nurma Ali Ridlwan.

“Mahasiswa memiliki peran besar dalam memberikan informasi dan pengetahuan yang benar tentang pemilu, dengan begitu akan muncul semangat partisipatif  berdemokrasi disertai rasa tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu,” kata Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Purwokerto ini. Mahasiswa sebagai bagian masyarakat intelektual diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan contoh yang baik bagi masyarakat.

Bertempat di Aula Gedung Rektorat Lt. IV, KGTC yang dilaksanakan secara daring dan tatap muka terbatas ini dibuka oleh Wakil Rektor 3 Sulkhan Chakim dengan moderator Anggota KPU Banyumas periode 2008-2013 dan 2013-2018 Ikhda Aniroh. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!