Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PENDETA PPHTGD SIAP SUKSESKAN PEMILU SERENTAK 2019

Para Pendeta yang tergabung dalam Persekutuan dan Pelayanan Hamba Tuhan Garis Depan (PPHTGD) dari wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara menyatakan siap turut mensosialisasikan pemilu serentak tahun 2019 pada Jemaat Gereja masing – masing.

Hal ini disampaikan saat sosialisasi oleh Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas dari basis Keagamaan (Kristen) Guntur Tjahyo Wahono dalam pertemuan PPHTGD di Gereja Bethel Indonesia, Sokaraja Kidul, Senin (28/1).

Dalam sosialisasinya, Guntur menyampaikan bahwa Rabu, 17 April 2019 akan dilaksanakan pemilu serentak presiden dan wakil presiden dan pemilu legislatif. Beliau menjelaskan bahwa pada Pemilu 2019 ini terdapat 5 surat suara yang digunakan dengan penanda warna yang berbeda yaitu warna abu–abu/hitam untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD, warna biru untuk DPRD Provinsi, dan warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota. Selain itu, Guntur juga memberikan gambaran mengenai cara mencoblos surat suara yang benar dan sah.

Antusias dari peserta sosialisasi terlihat dalam sesi tanya jawab. Antara lain mengenai prosedur pindah memilih dari wilayah Kabupaten luar Banyumas. Komisioner KPU Kabupaten Banyumas, Suharso Agung Basuki yang hadir mendampingi Relawan Demokrasi, menyarankan agar peserta memastikan dulu apakah sudah terdaftar sebagai Pemilih dalam Pemilu 2019, selanjutnya bila sudah terdaftar, agar segera datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) daerah asal untuk membuat surat pindah pemilih ke daerah tujuan.

Agung juga menyampaikan mengenai perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang direspon positif oleh para peserta. Selain informasi pendaftaran KPPS, para Pendeta juga mengusulkan agar mereka diberikan alat peraga berupa spesimen surat suara untuk mempermudah saat sosialisasi kepada para jamaat mereka atau materi sosialisasi yang dapat dishare melalui grup WhatsApp.

Dengan sosialisasi melalui Relawan Demokrasi Pemilu 2019, KPU Kabupaten Banyumas berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 hingga mencapai target minimal 77,5%. (why/sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!