Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Pendokumentasi Kehumasan, Perekam Sejarah

Cenata Noviarto, pendokumentasi kehumasan KPU Banyumas disamping salah satu hasil kerjanya.

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Banyak peristiwa penting yang terjadi dalam perjalanan lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk KPU Kabupaten Banyumas. Bahkan bila dilihat dari awal perjalanan kepemiluan di Indonesia, banyak peristiwa penting yang terabadikan sejak Pemilu pertama tahun 1955 baik dalam bentuk tulisan, foto maupun video.

“Disini peran penting pendokumentasi kehumasan di lembaga KPU yang bertugas mendokumentasikan kegiatan menggunakan kamera ke dalam bentuk film atau kaset video serta melakukan pemotretan dalam bentuk gambar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas, Kasworo saat diwawancara di sela-sela aktivitasnya.

Hasil dari kegiatan pendokumentasi kehumasan ini menjadi bagian koleksi yang penting dari perpustakaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Banyumas. “Koleksi yang sudah ada antara lain foto yang tertata dalam album, foto dinding dan kumpulan foto yang dibukukan secara khusus dari setiap pemilu/pemilihan serta foto dan video dalam bentuk arsip digital (soft file),”papar Kasworo.

Pentingnya dokumentasi kegiatan kepemiluan dan perkantoran dijelaskan pula oleh pria yang telah berkecimpung di kepemiluan sejak 1997 ini. Antara lain sebagai bukti fisik dalam pelaporan dan pertanggungjawaban kegiatan baik rutin maupun tahapan. Sebagai pelengkap informasi dalam media publikasi, di dalam brosur sosialisasi atau website lembaga. Dan yang paling penting, menjadi sebuah bukti dan kenang-kenangan bagi sejarah perjalanan kepemiluan dan lembaga KPU yang dapat dilihat dan dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Di KPU Banyumas, perekaman peristiwa diabadikan oleh staf pendokumentasi kehumasan dari subbag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Cenata Noviarto. Sejak bergabung di KPU tahun 2009, telah banyak peristiwa atau momen penting yang ditangkap melalui “jepretan” kameranya.

Selain mengabadikan langsung, penggemar barang-barang kuno dan antik ini juga bertugas mengumpulkan arsip foto dan video KPU dan perhelatan kepemiluan dari Pemilu pertama hingga saat ini. Bagi yang ingin menelusuri jejak sejarah kepemiluan khususnya di Kabupaten Banyumas dapat melihat langsung koleksi tersebut di perpustakaan RPP KPU Kabupaten Banyumas. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!