Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Peran Mahasiswa dan Perguruan Tinggi Dalam Demokrasi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id– Melalui program KPU Goes To Campus, pendidikan pemilih kepada mahasiswa sebagai upaya peningkatan kualitas demokrasi dan partisipasi dalam kepemiluan terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas. Salah satunya kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik (STT) Wiworotomo Purwokerto, Jumat (06/11/2020).

Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hanan Wiyoko dalam paparannya berharap pertemuan virtual dengan para mahasiswa ini dapat meningjkatkan pemahaman tentang kepemiluan. Menurut dia mahasiswa sebagai kaum terpelajar harus menjadi pemilih yang cerdas, rasional dan obyektif. “Jangan golput, cermati kembali rekam jejak para calon, pilihlah yang terbaik,” tutur Hanan.

Sedangkan narasumber Ketua Program Studi Teknik Mesin STT Wiworotomo Purwokerto, Nugrah Rekto Prabowo memaparkan peran dan tanggung jawab moral perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menyukseskan pemilu di Indonesia.

“Perguruan tinggi berperan penting dalam menyiapkan kader-kader bangsa yang andal secara leadership, membangun kemampuan intelektual serta moralitas dalam kewarganegaraan. Sehingga mahasiswa mampu berperan aktif menjadi agen perubahan yang positif sekaligus agent of control dalam pelaksanaan demokrasi,” papar Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan Rejasari Purwokerto Barat pada gelaran pemilu sebelumnya di Kabupaten Banyumas.

Dimoderatori Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Banyumas Subrantas Adhy Candra, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta dan diakhiri dengan foto bersama. (sac/dir)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!