Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PERAN PENTING POLRI DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU/PILKADA

Ketua KPU Banyumas saat menyampaikan pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2020 di SPN Polda Jateng, Selasa (25/02/2020).

PURWOKERTO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi menyampaikan pembekalan kepada 460 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Jateng, Selasa (25/02/2020).

Didampingi Kepala Bagian Pengajaran dan Latihan (Kabag Jarlat) SPN Polda Jateng AKBP Kaharudin, S.H., M.H., Imam menyampaikan paparan dengan judul “Peran POLRI dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah”.

“Polri memiliki peran penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu/pilkada,” ujar Imam yang menjabat komisioner KPU Banyumas sejak 2013.

Imam menjelaskan tugas Polri dalam Pemilu/Pilkada antara lain pengamanan seluruh tahapan pemilu, penyelidikan terhadap tindak pidana pemilu yang dilaporkan kepada Polri melalui Bawaslu, pelayanan penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye dan pemberian ijin kepada peserta pemilu (surat tanda terima pemberitahuan/STTP).

Terkait pemilu dan pilkada, anggota Polri juga wajib menjaga netralitas kepolisian, mengundurkan diri apabila mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah atau calon anggota DPD/DPR/DPRD dan tidak menggunakan hak pilihnya.

Dalam kesempatan ini Imam juga memberikan sosialisasi mengenai Pilkada 2020 yang  diselenggarakan di 270 daerah se-Indonesia, terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota. Di wilayah Jawa Tengah ada 4 kota dan 17 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada. Sedangkan di Kabupaten Banyumas, Pilkada sudah dilaksanakan pada tahun 2018.

“Pilkada Tahun 2020 ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2020,” pungkas pria lulusan S2 Manajemen Unsoed Purwokerto ini. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!