Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Perkenalkan NGODEMAS dalam Rakor Publikasi dan Informasi Kepemiluan

Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Yasum Surya Mentari memaparkan program NGODEMAS kepada Peserta Rakor, Jumat (19/02/2021)

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas memperkenalkan program sosialisasi pendidikan pemilih yakni NGObrol DEmokrasi KPU BanyuMAS (NGODEMAS) kepada Partai Politik Se-Kabupaten Banyumas pada Jumat (19/2/2021).

Bertempat di di Aula KPU Banyumas, acara dibuka oleh Ketua KPU Banyumas Imam Arif S dan dipandu oleh Anggota KPU Banyumas Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM Yasum Surya Mentari dan dihadiri pula oleh perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas.

NGODEMAS merupakan susunan jawaban yang ingin KPU sampaikan kepada masyarakat selama tahun 2021 yang tidak ada agenda Pemilu. Maksud dan tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pendidikan kepada pemilih dan sebagai ikhtiar meningkatkan demokrasi di Kabupaten Banyumas.

“Kami menyadari bahwa peningkatan kualitas demokrasi ini tidak mutlak menjadi tugas penyelenggara, tetapi menjadi tanggungjawab kita bersama, baik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Partai Politik, dan seluruh stakeholder di Banyumas,” ujar Surya dalam paparannya.

Dalam NGODEMAS terdapat 5 (lima) program diantaranya Bincang Parpol, Live Instagram, Kabar Tokoh, Rakyat Bicara, serta Wakil Rakyat Menyapa. Harapannya dengan adanya Bincang Parpol dapat berbagi informasi dengan mengundang pengurus partai politik untuk menjelaskan dan sosialisasi kepada masyarakat. Live Instagram sendiri sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya, yang mengangkat berbagai tema dengan pembicara tertentu. Selain itu terdapat Kabar Tokoh yang nantinya akan mengundang para tokoh di Banyumas untuk berbagi pengalaman dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Banyumas. Untuk menyambung aspirasi rakyat terhadap hasil pemilu, KPU Banyumas terbuka bagi publik untuk menyampaikan pesannya melalui Rakyat Bicara. Sedangkan Wakil Rakyat Menyapa, KPU Banyumas bekerjasama dengan DPRD Banyumas yang mewakili unsur pimpinan untuk menyapa masyarakat Banyumas.

Di akhir acara Yasum menegaskan bahwa seluruh program NGODEMAS tidak menggunakan anggaran atau non DIPA. (asn)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!