Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

PPID Diminta Patuhi SOP Dan Tingkatkan Layanan Informasi

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Sebagai badan publik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dinilai sejauh mana memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam pelayanan informasi dan dokumentasi. KPU harus memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan mengadministrasikannya secara baik. Untuk itu, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) harus terus memberikan layanan dan terbaik dan perannya dioptimalkan dengan dukungan sarana dan prasarana yang ada.

Demikian salah satu arahan, Imam Arif Setiadi, pada Rapat Koordinasi Pelayanan dan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Selasa (21/07/2020), di aula KPU Kabupaten Banyumas. Imam menjelaskan masyarakat terlebih saat pandemi seperti sekarang sangat kritis dalam menyoroti kualitas layanan yang diberikan oleh lembaga-lembaga publik. Model pelayanan daring, ujar Ketua KPU Kabupaten Banyumas ini, mau tidak mau harus dilakukan dengan tetap menjaga kualitas pelayanan, termasuk dalam pelayanan yang dilakukan oleh PPID. “Sekarang saat pandemi mendorong kita memperbaiki pelayanan melalui daring. Jadi, saya dorong PPID untuk tetap tertib pada administrasi pelayanan informasi sesuai prosedur tetap harus luwes dalam memberikan layanan,” katanya.

Rapat koordinasi ini merupakan rakor perdana setelah pergantian PPID pada Juni 2020 silam. Saat ini yang ditunjuk menjadi PPID adalah Subhan Purno Aji, selaku Kasubbag Program dan Data. Rakor diikuti oleh seluruh anggota KPU Kabupaten Banyumas, jajaran pejabat struktural dan para staf.

Sementara itu, selaku atasan PPID, Kasworo, memberikan evaluasi pengelolaan dan pelayanan informasi yang selama ini dilakukan. Menurut Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas ini, dirinya mengakui pelayanan PPID sudah berjalan cukup baik, hanya saja perlu ditingkatkan kepatuhan terhadap SOP yang ada. “Memang selama ini pelayanan dilakukan secara luwes mengingat posisi KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang harus melayani banyak kepentingan. Ke depan PPID untuk lebih memperhatikan SOP yang ada,” ujar pria yang menjadi PPID KPU Kabupaten Banyumas dari 2011-2020 ini.

Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah akan disusun jadwal personel dalam desk pelayanan informasi setiap harinya. Selain itu, untuk memperbaiki pelayanan PPID di front office akan dilengkapi dengan personal computer (PC) untuk memudahkan pemohon memperoleh pelayanan informasi. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!