Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

RAKOR BERSAMA CAMAT DALAM RANGKA SUKSESKAN PEMILU 2019

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Rapat Koordinasi Tahapan Pemilu Tahun 2019. Mengundang camat se Banyumas, rapat dilaksanakan di rumah makan Oemah Daun, Purwokerto pada Rabu (12/12). Rapat membahas tentang tahapan Pemilu, peserta Pemilu serta peran urgen camat dalam suksesi Pemilu yang akan dilangsungkan pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

“Dukungan camat sebagai tokoh masyarakat sangat penting untuk kesuksesan Pemilu. Camat dapat menggerakan warganya untuk aktif mencari info tentang Pemilu,” kata Suharso Agung Basuki, anggota KPU Kabupaten Banyumas dalam sambutan pembukaannya.

Menambahi, anggota KPU Banyumas, Yasum Surya Mentari menyampaikan tentang tiga peserta dalam Pemilu Serentak Tahun 2019.

“Peserta pertama adalah partai politik yang menyalonkan anggota legislatif, kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden serta terakhir calon perseorangan untuk calon anggota DPD,” terang pria yang berasal dari Kebasen ini.

Terhadap informasi kepemiluan yang cukup kompleks, Surya mengharapkan agar camat mampu memahaminya secara komprehensif. Hal itu agar camat bisa menjadi jembatan penyampaian informasi bagi masyarakat.

Sementara itu, dalam pembentukan badan penyelenggara, KPU Kabupaten Banyumas membutuhkan 38.059 orang untuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 10.846 Linmas.

“Di sini kami berharap agar camat mau menghimbau warganya untuk aktif dan turut serta dalam penyelenggaraan Pemilu dengan menjadi KPPS,” tambah Surya.

Tidak hanya sebatas itu, Hanan Wiyoko, Anggota KPU Kabupaten Banyumas divisi teknis juga menyosialisasikan tentang spesimen surtat suara yang akan digunakan dalam Pemilu. Katanya, surat suara yang menyantumkan foto adalah surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota DPD. Sedangkan surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tidak menyantumkan foto calon.

Terkait banyaknya informasi kepemiluan yang harus diketahui masyarakat, KPU Kabupaten Banyumas akan terus melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada banyak segmen.
“Gas pol rem blong,” pungkas Hanan mengibaratkan gencarnya sosialisasi. [Jik]

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!