Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Reses, Sugeng Suparwoto Kunjungi Kantor KPU Banyumas

Purwokerto, Kab-banyumas.kpu.go.id – Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Sugeng Suparwoto memanfaatkan waktu resesnya berkunjung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jumat (23/10). Legislator dari Partai Nasdem ini menyampaikan beragam informasi, khususnya komitmennya memajukan pembangunan daerah dan tugasnya sebagai wakil rakyat dari Dapil VIII Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kehadiran Sugeng Suparwoto. Menurut Imam, Sugeng merupakan legislator DPR RI hasil Pemilu 2019 yang pertama berkunjung ke kantor KPU Banyumas. Ketua KPU berharap, kunjungan tersebut tak sekadar menjadi sarana silaturahmi semata, melainkan bisa menjadi jembatan komunikasi antara wakil rakyat dan konstituen.

Dalam sambutannya, Sugeng Suparwoto mengapresiasi kinerja KPU Banyumas dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019. Berdasarkan pengamatannya, kinerja KPU Banyumas dianggap profesional dalam menggelar pemilu dengan indikator tidak adanya huru-hara politik pasca pemilu. Ia berharap, ke depan integritas dan profesionalitas penyelenggara pemilu bisa terus dijaga.

Sugeng menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat, khas gaya legislator. Pengalaman makan garam berorganisasi sejak kuliah menurutnya, menempa dirinya sehingga bisa mengamban amanah Ketua Komisi VII yang membidangi energi dan riset teknologi. Berbicara sekitar satu setengah jam, mantan jurnalis dan staf ahli menteri ini menyinggung banyak hal, antara lain perjalanan RUU Minerba, sekilas tentang omnibus law, komitmen pembangunan daerah, dan aktivitas sosial.

“Saya mendorong usulan pengembangan infrastruktur strategis selatan Jawa yang bisa menghubungkan Banyumas dan Cilacap dengan Yogyakarta dan Bandung lewat jalur pantai selatan. Sangat memungkinkan tumbuh kawasan industri baru sembari menyiapkan balai latihan kerja (BLK) yang mendukung,” kata Sugeng, pria kelahiran Purworejo yang menceritakan masih berdarah Kalibagor, Banyumas ini.

Terkait komitmen kinerja wakil rakyat, pria berkacamata ini menaruh perhatian khusus terhadap pemenuhan hak dasar warga negara. Diantaranya soal kebutuhan air bersih bagi warga, rumah tidak layak huni, serta layanan sosial bagi keluarga pasien dan pasien rujukan di RS Margono Soekardjo Purwokerto. Soal air bersih, dirinya mengupayakan 12 bantuan sumur bor air dalam bagi warga tidak mampu di
Banyumas dan Cilacap. Termasuk mengupayakan bantuan program rehab rumah tidak layak huni bagi warga di dua kabupaten tersebut.

“Bagi pasien tidak mampu kami sediakan ambulance gratis, serta rumah singgah bagi pasien dan keluarga pasien di dekat RS Margono,” kata Sugeng sambil menyebut layanan sosial tersebut dinaungi yayasan yang didirikannya tahun 2016, Gelora Serayu.

Sugeng datang ke kantor KPU Kabupaten Banyumas sekitar pukul 13.30 WIB. Kedatangannya disambut bersahabat oleh Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi bersama anggota KPU, sekretaris, kasubbag, dan staf. Tak ketinggalan, lima mahasiswa magang dari FISIP Unsoed dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto turut mengikuti acara penyambutan yang dilaksanakan di aula kantor. Usai acara sambutan, Sugeng kemudian berkenan melakukan wawancara pembuatan konten youtube KPU Banyumas. (hwo)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!