Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SAH, KASWORO RESMI DILANTIK JADI SEKRETARIS KPU BANYUMAS

SEMARANG- Kasworo akhirnya secara resmi dilantik menjadi Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Senin (04-05-2020), di aula utama Gedung KPU Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah langsung dipimpin oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah, Sri Lestariningsih. Turut dilantik adalah Sekretaris KPU Kabupaten Cilacap dan Sekretaris KPU Kabupaten Blora.

Sebelum secara definitif menjabat sekretaris, Kasworo telah mengemban jabatan Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris KPU Banyumas lebih kurang selama tiga bulan. Jabatan itu lowong setelah Hirawan Danan Putra, pejabat lama, dilantik menjadi Kepala Bagian Umum dan Rumah Tangga Setda Kabupaten Banyumas.

Profil

Kasworo bukan orang baru di KPU Banyumas. Karir pria kelahiran Banyumas 21 April 1968 ini terbilang lengkap di Sekretariat KPU Banyumas. Sejak mendapat promosi menjadi Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik (2005-2008), Kasworo telah mengemban dua jabatan eselon IV, yakni Kasubbag Program dan Data (2008-2010) dan Kasubbag Teknis dan Hupmas (2010-2020).

Sebelum berdinas di KPU Banyumas, lulusan Fakultas Hukum Unsoed ini lama berkarir di Kantor Sosial Politik (sebelum menjadi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik). Maka, saat dipromosi ke KPU, Kasworo mengaku kembali ke habitat asalnya sebagai “pegawai pemilu”. Pasalnya, salah satu tugas pokok dan fungsi Kantor Sospol semasa Orde Baru adalah menyelenggarakan Pemilu. Inilah satu alasan pada akhirnya Kasworo mantap memilih untuk alih status menjadi pegawai tetap KPU pada 2018 lalu.

Kasworo kerap membagi pengalamannya kepada para pegawai yang datang belakangan. Menurutnya, saat ini organisasi KPU sudah semakin baik. Saat pertama kali masuk, Kasworo merasakan organisasi dan tata laksana lembaga lembaga penyelenggara Pemilu belum terlalu baik. Terlebih, katanya, saat itu KPU dihadapkan pada berbagai masalah hukum setelah menyelenggarakan Pemilu 2004, dan harus mempersiapkan Pilkada Langsung untuk pertama kalinya.

Bagi pegawai sekretariat, Kasworo mewanti-wanti untuk selalu siap beradaptasi tidak saja dengan peraturan Pemilu yang senantiasa berubah-ubah, tetapi juga dengan pimpinan yang setiap saat berganti. Maka, yang paling penting adalah dalam kondisi apapun fungsi teknis-administratif sekretariat harus tetap kuat mendukung kebijakan yang telah digariskan pimpinan. “(Oleh karena itu) kita harus selalu siap menghadapi dan siap menjalankan kebijakan komisioner dalam penyelenggaraan Pemilu, siapapun komisionernya, apapun kondisinya kita harus selalu beradaptasi karena setiap lima tahun pimpinan berganti, tetapi sekretariat akan selalu tetap”, kata pria dua anak ini, seperti dikutip dari DERAP KPU BANYUMAS edisi Agustus 2015.

Tugas Baru

Kini tugas baru menanti. Konsolidasi organisasi menjadi prioritas utama, termasuk penataan dan pengembangan SDM. Di banyak kesempatan, Kasworo berpesan agar setiap pegawai mampu berinovasi dengan melihat tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “Jangan berpikir jenang (materi-red) dulu, tetapi yang penting jeneng (nama-red). Yang penting kita lakukan yang terbaik, maka rejeki akan mengikuti dengan sendirinya”, petuahnya yang kerap diulang-ulang kepada para pegawai baru.

Relasi komisioner-sekretariat yang sudah terjalin baik selama ini menjadi modal dasar untuk pengembangan organisasi yang lebih kuat. Tentu, dengan segudang pengalamannya, pria yang hobi bermusik ini dinilai akan mampu mengemban tugas sebagai Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas. Selamat bertugas Pak. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!