Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Sharing Knowledge SDI, KPU Banyumas Kunjungi Dinas Kominfo

Kepala Dinkominfo Kabupaten Banyumas Yayah Setiyono dan Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif S dalam audiensi dan silaturahmi, Rabu (17/02/2021)

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Pemerintah berkomitmen untuk membentuk Satu Data Indonesia (SDI) untuk membangun tata kelola data guna terciptanya data berkualitas yang mudah diakses dan digunakan untuk pengambilan keputusan serta sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

Guna mensukseskan kebijakan nasional tersebut, KPU Banyumas mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banyumas untuk menimba pengetahuan dan pengalaman pengelolaan Satu Data Kabupaten Banyumas, Rabu (17/02/2021).

Dalam kesempatan ini Ketua KPU Banyumas Imam Arif menyampaikan bahwa pada tahun 2021 ini KPU Banyumas berkomitmen untuk semakin informatif, sehingga KPU Banyumas melakukan kunjungan ke Dinkominfo untuk belajar tentang pengelolaan open data dan kemungkinan inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterbukaan informasi. Dalam kunjungannya, Imam didampingi oleh komisioner, Kasubag Program dan Data sekaligus Pejabat Pengelola Data dan Operator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Imam mengatakan, pihaknya perlu untuk menerapkan kebijakan Open Data sebagai tindak lanjut evaluasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah tahun lalu. Untuk itu, dirinya meyakini Dinkominfo merupakan tempat yang tempat untuk menimba pengalaman dan pengetahuan dalam tata kelola data berbasis teknologi informasi.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Yayah Setiyono menyambut baik maksud KPU Banyumas dalam upaya keterbukaan informasi publik. Mantan Camat Kembaran ini juga menyampaikan selamat kepada jajaran KPU Banyumas yang telah mendapatkan predikat Lembaga Informatif. “Silakan monggo, data informasi yang perlu saya bantu akan kami bantu,” kata Yayah, yang selanjutnya dipersilakan kepada Sekretaris Dinas, para Kepala Bidang dan Seksi untuk membantu secara teknis apa yang dibutuhkan oleh KPU Banyumas.

Perpres Satu Data Indonesia

Sekretaris Dinkominfo, Endah Sulistiyawati, menyampaikan bahwa dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia mengamanatkan seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia (https://data.go.id).

Untuk itu, pihaknya sedang menyiapkan rancangan Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengatur tata kelola data dengan memedomani Perpres itu. Terkait dengan portal Satu Data di Kabupaten Banyumas, lanjut Endah, Dinkominfo selama ini telah mengelola dua platform, yakni Satu Data Kabupatenn Banyumas (https://data.banyumaskab.go.id) dan SiBandot (Sistem Informasi Banyumas dalam Open Data (https://bandot.banyumaskab.go.id). Ke depan akan dikaji pelayanan satu data untuk instansi vertikal di Kabupaten Banyumas.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah tautan website KPU Banyumas akan ditayangkan di website resmi Pemerintah Kabupaten Banyumas (https://banyumaskab.go.id). (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!