Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SIAPKAN DOKUMEN ALAT BUKTI SENGKETA PHPU DAPIL 5, AGUNG: SIAPKAN DAB DENGAN TELITI DAN DETAIL

AJIBARANG – Setelah memastikan adanya adanya pengajuan sengketa Pileg di Dapil Banyumas 5, sesuai instruksi Komisi Pemilihan Indonesia Republik Indonesia (KPU RI) dan petunjuk KPU Provinsi Jawa Tengah,  KPU Banyumas segera bergerak cepat. Guna menyiapkan jawaban atas dalil termohon, KPU Banyumas bersiap untuk menyusun jawaban disertai Dokumen Alat Bukti (DAB).

Untuk itu, KPU Banyumas menyelenggarakan rapat kerja persiapan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Aula Kecamatan Ajibarang, Rabu (19-06-2019). Rapat dipimpin oleh Suharso Agung Basuki didampingi Hanan Wiyoko dan Yasum Surya Mentari. Adapun peserta rapat adalah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ajibarang, Pekuncen dan Lumbir serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari 20 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disengketakan oleh pemohon.

Penyusunan Kronologis

Menurut Agung, tujuan KPU Banyumas mengundang kembali PPK, PPS dan KPPS yang menjadi lokus sengketa di Dapil Banyumas adalah untuk menyusun jawaban untuk membantah dalil permohonan atas pokok perkara tentang pengurangan suara yang disangkakan pemohon.

Merujuk pada pokok permohonan pemohon yang telah diregister oleh MK, ada 20 TPS yang disangkakan telah merugikan pemohon, yaitu 8 TPS di Kecamatan Lumbir, 6 TPS di Kecamatan Pekuncen dan 6 TPS di Kecamatan Ajibarang. “Kita undang para anggota KPPS dan PPS serta PPK yang tahu betul proses penghitungan suara di TPS serta saat rekap di kecamatan untuk kami mintai keterangan. KPU Banyumas berkomitmen untuk menyusun DAB dan jawaban kronologis dengan teliti dan detail”, kata anggota KPU Banyumas yang ditunjuk menjadi Plh. Ketua KPU Banyumas.

Agung menuturkan KPU Banyumas nantinya tidak langsung beracara di MK. Sebab, menurut mantan Ketua PPK Purwokerto Selatan ini, yang digugat adalah Keputusan KPU RI jadi nanti yang beracara di MK adalah KPU RI. “KPU Banyumas hanya menyiapkan DAB, keterangan tambahan dan saksi bila dibutuhkan”, ungkap Agung. Sesuai jadwal yang dirilis oleh MK, persidangan penyelesaian sengketa PHPU untuk Pemilu Legislatif didahului dengan sidang pendahuluan pada 9-12 Juli mendatang. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!