Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

SIDANG SENGKETA PHPU DAPIL BANYUMAS 5 MULAI DIGELAR

JAKARTA – Sidang pendahuluan penyelesaian sengketa Pemilu Legislatif untuk Dapil Banyumas 5 mulai digelar Kamis (10-07-2019) di Gedung Mahkamah. Sengketa yang bernomor register 75 ini mengagendakan pemeriksanaan pendahuluan perkara oleh Majelis Konstitusi. Karena banyaknya perkara yang masuk, majelis dibagi menjadi tiga panel dengan tiga hakim konstitusi di masing-masing panel. Seluruh perkara yang masuk, akan menjalani sidang pendahuluan selama empat hari, sejak tanggal 9-12 Juli mendatang.

Menurut Hanan Wiyoko yang memantau sidang pendahuluan di gedung Mahkamah Konstitusi, di setiap nomor register bisa lebih dari satu perkara. Jadi, untuk satu nomor saja bisa memakan waktu yang cukup lama. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas yang membawahi divisi teknis ini menambahkan jika yang dapat masuk untuk mengikuti sidang hanya KPU Provinsi. “Tapi sesuai petunjuk KPU Provinsi seluruh KPU Kabupaten/Kota untuk selalu stand by di Jakartakarena dalam proses persidangan dapat saja tim kuasa hukum KPU meminta disiapkan tambahan keterangan dan dokumen alat bukti”, katanya dihubungi via telepon

Sementara itu, Suharso Agung Basuki mengaku sudah menyiapkan saksi-saksi bila tim kuasa hukum KPU RI membutuhkan keterangan para saksi dalam persidangan. “Saksi (sudah) ready jika sewaktu-waktu dibutuhkan”, ujar Agung. Agung juga menuturkan dari KPU Banyumas selalu ada yang stand by di Jakarta. Pasalnya, sewaktu-waktu bisa saja pihak kuasa hukum KPU membutuhkan tambahan keterangan dan tambahan dokumen alat bukti yang dibutuhkan. “Kita sudah atur jadwal siapa saja yang akan stand by di sana”, ujar anggota KPU Banyumas tertua ditemui di ruang ekrjanya. (SPA)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!