Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tanggung Jawab Moral Mahasiswa Dalam Kesuksesan Demokrasi

Para narasumber dan moderator KPU Goes To Campus Universitas Amikom Purwokerto di ruang Laboratorium Broadcasting Amikom, Jum’at (23/10/2020)

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – “Demokrasi tidak hanya di saat Pemilu saja, tapi juga disaat berjalannya pemerintahan. Kita juga bisa memberi masukan melalui lembaga aspirasi atau pada saat penyelenggaraan pemilu, dengan menjadi penyelenggara pemilu, menggunakan hak pilih, serta secara aktif memantau siapa calon yang dipilih,” jelas Khasis Munandar, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas Divisi Perencanaan, Data dan Informasi dalam kegiatan KPU Goes To Campus Universitas AMIKOM Purwokerto, Jumat (23/10/2020).

Dalam kegiatan yang  bertema “Demokrasi Sehat, Negara Kuat” ini, Khasis juga menyampaikan perihal keterkaitan teknologi di dalam kegiatan kepemiluan. Kegiatan KPU saat ini menuntut penyelenggara menggunakan aplikasi sebagai upaya mempermudah tugas penyelenggara Pemilu serta transparansi informasi. Dimana hal ini sudah dilakukan dengan dibuatnya berbagai aplikasi oleh KPU RI.

Narasumber kedua Agung Triyanto menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai orang yang terdidik, mempunyai tanggungjawab moral dalam wacana akademis maupun kegiatan untuk mendorong kesuksesan pelaksanaan demokrasi ini, bisa sebagai penyelenggara, pengawas, pelapor bila ada kecurangan dan sebagainya, disamping juga menggunakan teknologi yang dipelajari di bangku kuliah untuk kemaslahatan umat.

Dalam hal memilih pemimpin yang tepat, Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas AMIKOM Purwokerto ini juga menegaskan agar mahasiswa menggunakan kemampuan akademisnya yakni dengan melihat visi misi, rekam jejak, programnya apa, jangan kemudian dikaburkan dengan hoax, isu-isu di media sosial, dan broadcast yang tidak jelas.

Mahasiswa KPU Goes To Campus Amikom Purwokerto mengikuti kegiatan sosialisasi secara daring melalui Zoom meeting.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Non Akademik, Rahman Rosyidi dalam sambutan kegiatan KPU Banyumas Goes to Campus yang berbasis teknologi ini.

“Saya berharap ada kontribusi konkrit, ide dan pemikiran dari mahasiswa Amikom untuk mendukung KPU terkait teknologi informasi,” ujar Rahman.

Bertempat di Laboratorium Broadcasting Universitas AMIKOM Purwokerto, KPU Banyumas Goes To Campus ini menjadi kunjungan ke-3, setelah sebelumnya ke kampus UNU Purwokerto dan IT Telkom Purwokerto. Adapun sosdiklih kali ini juga dihadiri oleh Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Hanan Wiyoko selaku moderator, didampingi  Kasubbag Teknis dan Hupmas, Kasubbag Hukum dan staf terkait. (sb/sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!