Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tentang KPU Banyumas

 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas atau KPU Banyumas semula bernama Perwakilan Sekretariat KPU Kabupaten Banyumas berdasarkan Keputusan Presiden No 16 tahun 1999 kemudian berubah menjadi Komisi Pemilihan Umum melalui Keputusan Presiden 54 tahun 2003 yang beralamat di JL. Prof Dr. Soeharso No. 45 Purwokerto.

Dalam perjalanannya mengingat gedung KPU Banyumas masih milik Pemda Banyumas, maka pada tahun 2013 KPU Banyumas menempati Gedung baru di Jl. HM.Bahroen, Kelurahan Berkoh, Purwokerto Selatan. Gedung baru KPU Banyumas berdiri diatas tanah seluas 2000 persegi yang merupakan Hibah dari Pemda Banyumas pada tahun 2011 dan dibangun pada tahun 2012 dengan anggaran APBN.
KPU Banyumas mempunyai tugas menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada dengan wilayah kerja KPU Kabupaten Banyumas adalah seluruh wilayah se Kabupaten Banyumas dengan  27 Kecamatan 331 desa/kelurahan yang terbagi menjadi 6 daerah pemilihan

Pegawai KPU terdiri dari 2 unsur yaitu Komisioner dan Sekretariat. Komisioner berwenang terkait dengan pembuatan dan pengambilan kebijakan sedangkan sekretariat bertugas membantu secara administrasi dan teknis terhadap kebijakan yang sudah dibuat oleh komisioner dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan.

Komisioner KPU dipilih melalui proses seleksi oleh tim seleksi dan dilantik oleh KPU dengan masa kerja 5 tahun. Komisoner KPU terdiri dari 1 Ketua dan 4 anggota yang bertanggungjawab terhadap divisi masing-masing. Sedangkan Sekretariat KPU terdiri dari 17 PNS dan 5 tenaga honorer yaitu 3 tenaga pengamanan, 1 pramubhakti dan 1 sopir.

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!