Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tentang RPP

Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Banyumas merupakan salah satu fasilitasi Pendidikan Pemilih yang dirancang oleh KPU dengan memanfaatkan ruang multi fungsi bagi seluruh aktifitasi kepemiluan untuk masyarakat. Dengan adanya Rumah Pintar Pemilu, diharapkan dapat membantu masyarakat Banyumas untuk belajar kepemiluan sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilu.

RPP KPU Banyumas diresmikan pada Rabu (21/9/2016) secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi dan dihadiri oleh Pimpinan Parpol se Kabupaten Banyumas, Perwakilan Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyumas dan Perwakilan Media Massa.

Rumah Pintar Pemilu juga dibarengi dengan program yang telah berjalan di KPU Kabupaten Banyumas yaitu KPU Visit, program pendidikan pemilih yang diperuntukkan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dan pelayanan informasi Kepemiluan melalui PPID (Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi).

RPP terdiri dari 4 ruangan, yaitu: Ruang audio visual. Ruangan ini digunakan untuk memutar film-film atau dokumentasi kepemiluan. Ruang display dan ruang diskusi yang di dalamnya menampilkan koleksi kepemiluan diantaranya papan informasi dinding, data hasil pemilu, serta bahan sosialisasi dari KPU. Ruang simulasi yang berisi maket atau diorama, dan peralatan yang ada di TPS. Ruang Perpustakaan yang menyajikan buku-buku kepemiluan, dokumentasi kegiatan pemilu dalam bentuk kliping, album foto dan CD audio visual, serta dokumentasi kegiatan pemilu dalam bentuk jurnal majalah, bulletin, dan newsletter. Selain itu, Juga terdapat ruang PPID yang dijadikan sebagai ruang pelayanan informasi baik langsung maupun elektronik (e-ppid).

RPP KPU Banyumas juga menyediakan permainan edukasi menarik yang dapat dimainkan baik ber-regu maupun perorangan. Antara lain permainan scrabble pemilu, ular tangga demokrasi, dan puzzle berdaulat.

Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Banyumas dibangun dengan tujuan diantaranya:

  1. Sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemiluan.
  2. Menjadi destinasi wisata demokrasi dan kepemiluan.
  3. Menjadi pusat studi riset maupun diskusi terkait demokrasi dan kepemiluan.
  4. Menjadi pusat penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam beraktivitas, berdiskusi dan mengeluarkan ide-ide yang baru tentang kepemiluan.

Rumah Pintar Pemilu KPU Banyumas beralamat di jl. H.M Bachroen, Berkoh, Purwokerto Selatan, terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi setiap hari pada pukul 08.30-15.30 tanpa di pungut biaya. Untuk kunjungan  kelompok atau rombongan bisa menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu secara lisan maupun tulisan melalui

Sampai bertemu di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Banyumas.

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!