Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tidak Melulu Soal Pemilu, KPU Banyumas Juga Ajari Pelatihan Jurnalistik

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Kegiatan “Pelatihan Teknik Menulis Berita dan Reportase” dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Rabu (27/01/2021). Hanan Wiyoko selaku anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis dan Penyelenggaraan menjadi narasumber dalam pelatihan jurnalistik kali ini. Pelatihan diikuti oleh 13 peserta yang merupakan mahasiswa magang dari 4 Universitas Jawa Tengah-DIY yaitu Univeritas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). KPU Kabupaten Banyumas menggunakan Aula sebagai tempat berlangsungnya acara dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga : KPU Banyumas Gelar Pelatihan Penulisan Berita Bagi Mahasiswa Magang

“Setiap berita memiliki news valuenya masing-masing, jadi tidak semua berita dan informasi dapat dipublikasikan oleh pers. Sehingga kita harus melakukan publikasi internal,” ujar Hanan. Pelatihan Teknik Menulis Berita dan Reportase dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa magang nantinya dapat menghasilkan produk KPU Kabupaten Banyumas berupa berita internal. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan skill menulis mahasiswa magang.

Baca juga : KPU Banyumas Adakan Pelatihan Menulis Berita Bersama 13 Mahasiswa Magang

Acara ini diawali dengan pemutaran video program-program yang telah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Banyumas. Kemudian acara dibuka oleh Rima Anhar selaku mahasiswa magang dari UGM, dilanjutkan pemaparan materi pelatihan, dan tanya jawab. Pelatihan ini diakhiri dengan pemberian tugas berupa penulisan berita kepada mahasiswa magang.

Baca juga : Mahasiswa Magang Di KPU Banyumas Mengikuti Pelatihan Penulisan Berita Dan Reportase

“Kita sebagai mahasiswa magang di KPU Kabupaten Banyumas merasa sangat senang  karena dibekali ilmu jurnalistik yang tidak kita dapatkan di kampus. Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini kami dapat mengaplikasikan teknik menulis berita sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh Pak Hanan,” kata Ayu (20) dan Sisca (19), mahasiswa magang KPU Kabupaten Banyumas dari Undip. (avh, isw)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!