Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tiga Perguruan Tinggi Jalin Kerjasama Dengan KPU Banyumas

Kiri ke kanan : Dekan FISIP UHB, Dekan FH UMP, Ketua KPU Kabupaten Banyumas dan Dekan FH UNWIKU Purwokerto, usai penandatanganan Perjanjian Kerjasama / MoU, Senin (21/12/2020)

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id – Tiga perguruan tinggi di Kabupaten Banyumas yakni Universitas Harapan Bangsa (UHB), Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (FH UMP) dan Fakultas Hukum Universitas Wijayakusuma (FH UNWIKU) menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Senin (21/12/2020). Kesepakatan kerjasama ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Nota Kesepahaman oleh kedua belah pihak, bertempat di White Café, Purwokerto.

Beberapa poin utama yang menjadi kesepakatan antara lain pelaksanaan kegiatan pendidikan pemilih, penelitian dan riset kepemiluan, serta magang bagi mahasiswa.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif S, Dekan Fakultas Sosial UHB Alfizi, SE, MM yang mewakili Rektor UHB, Dekan FH UMP Soediro, S.H., LL.M dan Dekan FH UNWIKU Dr. H. Rusito, S.H., M.M. serta disaksikan oleh perwakilan dari pihak kampus, komisioner dan sekretariat KPU Kabupaten Banyumas.

“Terimakasih kepada tiga kampus yang telah berkenan menjalin kerjasama dengan KPU Banyumas dalam upaya bersama meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam grand design peningkatan partisipasi dan kualitas demokrasi,” kata Imam dalam sambutannya.

Imam juga memaparkan bahwa KPU Banyumas sebagai penyelenggara Pemilu dan Pemilihan di tingkat Kabupaten Banyumas memiliki program kegiatan antara lain sosialisasi pendidikan pemilih kepada mahasiswa (KPU Goes To campus), Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan pengelolaan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH).

“Program-program yang dimiliki KPU Banyumas ini dapat dijadikan media bagi civitas akademika dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian,” jelas lulusan magister Unsoed ini.

Selain mendukung Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Imam juga berharap dengan kerjasama ini saling memberikan manfaat bagi masing-masing lembaga dan memberikan kontribusi positif bagi pelaksanaan pemilu, khususnya di Kabupaten Banyumas. (sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!