Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tiga Pesan KPU Kab Banyumas Saat Lantik PPK Pemilu 2019

Purwokerto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melantik Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Ballroom COR Hotel Purwokerto, Rabu (7/3/2018).
Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan dan nama-nama anggota PPK yang dilantik dari 27 kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas. Pengambilan sumpah dan janji dipimpin Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi, berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Banyumas Nomor 27/PP.05.3-Kpt/3302/KPU-Kab/III/2018.
 
Dalam sambutannya Unggul mengingatkan tiga hal kepada PPK sebagai bekal tugas mereka menyukseskan Pemilu 2019. Pertama pemilu dilaksanakan serentak (antara pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres)), kedua jumlah partai politik yang terlibat (15 partai nasional) dan ketiga proses rekapitulasi hasil penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang langsung diserahkan ke PPK. “Seluruh anggota PPK agar lebih meningkatkan kerjasama dan kinerja serta saling mendukung dalam menjalankan tugas dan wewenang demi suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019,” ujar Unggul.
 
Unggul juga menjelaskan berkurangnya jumlah PPK yang akan terlibat didalam Pemilu 2019 nanti sesuai amanat UU 7 Tahun 2017, Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2018 serta Surat Keputusan KPU Nomor 31/PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018. Dan untuk PPK di Kabupaten Banyumas sendiri yang tengah menyelenggarakan tahapan pilkada gubernur dan bupati 2018 maka metode perekrutan PPK Pemilu 2019 adalah pengangkatan berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan oleh tiga unsur penilai, yaitu Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Anggota PPK dan Sekretaris PPK Pilkada 2018.
 
Sesuai tahapan, maka seluruh anggota PPK Pemilu 2019 mulai bertugas sejak selesainya pelantikan hingga tuntasnya seluruh tahapan Pemilu 2019 mendatang. Diantara tugas dan wewenang PPK adalah membantu KPU dalam melaksanakan semua tahapan dan melakukan penyelenggaraan pemilihan di tingkat kecamatan sesuai aturan kepemiluan. (sari/ed diR)
Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!