Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tingkatkan Keterampilan, Belajar Bersama Pengoperasian OBS

Kegiatan belajar bersama pengoperasian OBS pada Jumat (29/01/2021)

Purwokerto, kab-banyumas.kpu.go.id– Beberapa staf dan mahasiswa magang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melakukan kegiatan belajar bersama pengoperasian Open Broadcaster Software (OBS) pada Jumat (29/01/2021) di Aula KPU Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dipandu oleh Ismailia Sisca Widowati (19), mahasiswa magang dari Universitas Diponegoro (Undip) yang mahir dalam mengoperasikan OBS. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan kepada staf dan mahasiswa magang dalam beradaptasi dengan teknologi komunikasi dan informasi. Imam Arif S, Ketua KPU Kabupaten Banyumas dan Hanan Wiyoko, Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa jurusan Administrasi Publik yang lebih akrab dikenal dengan nama Sisca, menyampaikan materi teknis untuk melakukan live streaming dengan menggunakan OBS. Berbagai fitur dari OBS dipaparkan satu per satu fungsi dan cara penggunaannya. Sisca juga membagikan tips agar live streaming dapat berjalan dengan optimal dan menghasilkan audio suara yang baik. Selama pemaparan berlangsung, peserta pelatihan melakukan praktik langsung pada aplikasi OBS sehingga tanya jawab interaktif turut mewarnai kegiatan ini.

“OBS merupakan salah satu aplikasi live streaming yang mudah untuk dioperasikan. Hanya saja butuh waktu di awal-awal untuk membiasakan diri dengan berbagai fitur yang ada. Tetapi, jika sudah paham fungsi-fungsinya, akan sangat mudah melakukan live streaming dengan aplikasi ini.” ujar Sisca.

Kegiatan belajar bersama ini diharapkan dapat membantu staf dan mahasiswa magang untuk mengasah kemampuan adaptasi dengan teknologi seperti OBS sehingga hal tersebut akan menunjang kegiatan publikasi KPU Banyumas yang sedang dilaksanakan maupun perkuliahan mahasiswa ke depannya.

“Saya sangat terbantu dengan adanya kegiatan belajar bersama ini. Selain menjadi ajang pengakraban dengan teman-teman mahasiswa magang lainnya, saya juga mendapat pengetahuan tentang cara melakukan live streaming dengan menggunakan OBS. Saya yakin kemampuan tersebut akan berguna kedepannya, apalagi untuk menunjang kegiatan perkuliahan, magang, dan organisasi.” ujar Sartono, mahasiswa magang Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). (rar)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!