Selama datang di KPU Banyumas   Click to listen highlighted text! Selama datang di KPU Banyumas
Situs Resmi KPU Banyumas

Tingkatkan Pemahaman SPIP Guna Tingkatkan Kinerja

Purwokerto – Guna meningkatkan kinerja dan integritas lembaga, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas melaksanakan kegiatan Peningkatan Pemahaman Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan menghadirkan pemateri Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum dan Pengawasan Muslim Aisha, Kamis (19/11/2020).

Sistem pengendalian intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sistem ini juga diterapkan di lembaga penyelenggara pemilihan umum.

“Dengan kegiatan rapat mingguan, rapat bulanan dan juga melaporkan SPIP tiap bulan sebelum tanggal 10 adalah wujud kita sudah menerapkan SPIP. Kita harus memahami lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian dan pemantauan kegiatan,” ujar Muslim dalam pemaparan materinya.

Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Suharso Agung Basuki berharap setelah kegiatan ini, seluruh aktivitas terkait SPIP dapat dilaksanakan lebih baik dan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Demikian pula dengan pelaporan SPIP dan Kartu Kendali ke KPU Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan tertibnya pelaksanaan SPIP, kita dapat memantau, memastikan serta mengevaluasi kegiatan agar terlaksana secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” jelas Agung yang mengetuai Divisi Hukum dan Pengawasan ini.

Setelah pemaparan dari narasumber, kegiatan dilanjutkan oleh Divisi Hukum dan Pengawasan dan Sekretaris KPU Kabupaten Banyumas dengan pembahasan DIM, evaluasi pelaksanaan SPIP serta rencana tindak lanjut oleh KPU Kabupaten Banyumas. Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota dan jajaran sekretariat KPU Kabupaten Banyumas. (sb-sks)

Ubah Ukuran Font
Ubah Kontras
Click to listen highlighted text!